13 Oktober 2024

13 Oktober 2024


Growing Faithfully (Bertumbuh dengan setia) 
Yosua 14:9-12 (TB)
9 Pada waktu itu Musa bersumpah, katanya: Sesungguhnya tanah yang diinjak oleh kakimu itu akan menjadi milik pusakamu dan anak-anakmu sampai selama-lamanya, sebab engkau tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati.  
10 Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini;
11 pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.
12 Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN." 

Kaleb selama 45 tahun, bisa bertahan selama itu.
Pohon Giant Sequoia, umurnya Bisa ribuan tahun. Pohon ini bertumbuh sangat-sangat besar. Pohon ini melewati ribuan musim. 
Manusia tidak sampai ribuan tahun, tetapi juga melewati musim-musim dalam kehidupan kita. Musim apa? Pergantian suka dan duka.

Bagaimana Kaleb tetap kuat:
1. Minta tantangan dari Tuhan
Yosua 14:12 Berikan kepadaku Pegunungan, ada orang Enak (Raksasa jahat).
Yosua 14:11 Aku masih sama kuatnya (Kaleb usia 80 tahun). 
Menurut Survey 44% dari Gen Z ingin Pensiun dan tidak mau lagi bekerja di usia 60 tahun. 
Secara pekerjaan mungkin kita bisa Pensiun, tetapi secara melayani Tuhan, kita tidak ada istilah Pensiun.
Pekerjaan Tuhan tidak akan ada habisnya. 
Ketika kita ingin berhenti karena lelah, maka mintalah kekuatan dari Tuhan, agar kita tetap dapat bertahan. Ingatlah Tuhan bisa memberikan kekuatan yang tidak terbayangkan.
Percayalah, bahwa bersama Tuhan, ada Mukjizat demi Mukjizat terjadi. Kita harus mempunyai hati menceritakan pertolongan Tuhan bagi kita, kepada orang-orang yang mungkin sudah mulai undur.
2. Mengukur Kekuasaan Tuhan
Bilangan 14:7-9 (TB)
7 dan berkata kepada segenap umat Israel: "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. 
8 Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.
9 Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka."  
Pada saat itu para pengintai lainnya, mengukur kekuatan mereka berdasarkan kemampuan mereka, sedangkan Yosua dan Kaleb, mengukur kekuatan Tuhan yang tidak terbatas. 

Mzm 139 
Raja Daud mengakui kehebatan Tuhan yang tidak terselami oleh otak manusia. 
1 Korintus 2:9 (TB) 
 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."  
Ada kekuatan Kuasa Allah yang jauh lebih besar daripada kekuatan musuh kita. 
3. Mengelola Ketakutan 
Bilangan 13:28-33
Kaleb berusaha menenangkan bangsa itu, dengan mengajak percaya pada Kekuatan Allah. Masalahnya ada di Mindset kita: Kita Tidak mau percaya, padahal Allah sudah mengatakan pasti bisa mengalahkan musuh kita. 
Banyak kejadian, di mana kita bilang percaya pada Tuhan, tapi masih menggantungkan diri pada uang, pekerjaan, relasi kita. Kita mengukur semunya pada logika dan apa yang kita lihat. 
Bagaimana kita menghadapi ketakutan yang tidak beralasan.
Contoh: Jika kita berjalan di hutan, kemudian melihat ada Harimau, apa yang kita lakukan? 
Itulah yang dilihat oleh mata jasmani Kaleb. Tetapi apa yang dilihat oleh mata rohaninya? Allahnya Yang Maha Kuasa. 
F = FALSE = Keliru
E = EVIDENCE = Bukti nyata
A = APPEARING = Terlihat
R = REAL = Nyata
Apakah kita masih takut? 
Matius 10:28
Coba bayangkan sesuatu yang menakutkan. Maka kita akan takut.
Jika kita bayangkan Allah menjaga kita, maka kita tidak akan takut!
Filipi 4:8 (TB) Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. 
Amin





0 comments:

Posting Komentar