15 September 2024

15 September 2024


Worth the wait
Sesuatu yang layak ditunggu. Mengapa? Karena yang ditunggu itu asalnya dari Tuhan. 
Menunggu adalah pekerjaan yang paling tidak Favorit. 
The beauties of waitingb

Yosua 13:14-29 (TB)
14 Hanya kepada suku Lewi tidak diberikan milik pusaka: yang menjadi milik pusakanya ialah TUHAN, Allah Israel, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka.  
15 Kepada suku bani Ruben, menurut kaum-kaum mereka, telah diberikan Musa bagian ini: 
16 daerah kepunyaan mereka mulai dari Aroër yang di tepi sungai Arnon, kota pada pertengahan sungai itu, dan seluruh dataran tinggi dekat Medeba;
17 Hesybon dan segala kotanya, yang di dataran tinggi, yakni Dibon, Bamot-Baal, Bet-Baal-Meon, 
18 Yahas, Kedemot, Mefaat, 
19 Kiryataim, Sibma, Zeret-Hasahar di atas gunung di lembah itu, 
20 Bet-Peor, lereng-lereng gunung Pisga, Bet-Yesimot, 
21 selanjutnya segala kota di dataran tinggi itu dan seluruh kerajaan Sihon, raja orang Amori, yang memerintah di Hesybon, yang dikalahkan oleh Musa; bersama-sama dia juga dikalahkannya raja-raja Midian, yakni Ewi, Rekem, Zur, Hur dan Reba, raja-raja bawahan Sihon, penduduk negeri itu. 
22 Juga Bileam bin Beor, juru tenung itu, telah dibunuh oleh orang Israel dengan pedang, beserta orang-orang yang telah mati tertikam oleh mereka.
23 Jadi batas daerah bani Ruben ialah sungai Yordan dengan daerah pinggirnya. Itulah milik pusaka bani Ruben menurut kaum-kaum mereka, yakni kota-kota dengan desa-desanya.
24 Kepada suku Gad, yakni kepada bani Gad menurut kaum-kaum mereka, telah diberikan Musa bagian ini: 
25 daerah kepunyaan mereka ialah Yaezer dan segala kota negeri Gilead, serta setengah negeri orang Amon sampai ke Aroër, yang di sebelah timur Raba,
26 yakni mulai dari Hesybon sampai ke Ramat-Mizpa dan Betonim, dan dari Mahanaim sampai ke daerah Debir; 
27 dan di lembah: Bet-Haram, Bet-Nimra, Sukot dan Zafon, sisa kerajaan Sihon, raja Hesybon; sungai Yordan dengan daerah pinggirnya, sampai ke ujung danau Kineret, di sebelah timur sungai Yordan.
28 Itulah milik pusaka bani Gad menurut kaum-kaum mereka, yakni kota-kota dengan desa-desanya.
Pelajaran
1. Kita menunggu rancangan Allah
- Menunggu bukan pasif dan pasrah. 
- Jangan malas
- Rancangan Tuhan sangat indah dan tidak mungkin gagal dan penuh Harapan. 
Bilangan 32:1-5

Keuntungan Insrant
1 Taw 5 Gideon

1. Mudah diserang 
2. Meninggalkan keluarganya 
3. Kehilangan Identitas 

Dikatakan secara moral bangsa Israel mudah sekali menyimpang. 
1 Tawarikh 5:24-26 (TB)
24 Inilah para kepala puak-puak mereka: Hefer, Yisei, Eliel, Azriel, Yeremia, Hodawya dan Yahdiel, orang-orang pahlawan yang gagah perkasa, orang-orang yang kenamaan, para kepala puak-puak mereka. 
25 Tetapi ketika mereka berubah setia terhadap Allah nenek moyang mereka dan berzinah dengan mengikuti segala allah bangsa-bangsa negeri yang telah dimusnahkan Allah dari depan mereka,
26 maka Allah Israel menggerakkan hati Pul, yakni Tilgat-Pilneser, raja Asyur, lalu raja itu mengangkut mereka ke dalam pembuangan, yaitu orang Ruben, orang Gad dan setengah suku Manasye. Ia membawa mereka ke Halah, Habor, Hara dan sungai negeri Gozan; demikianlah mereka ada di sana sampai hari ini.  

Bangsa Israel tidak ada lagi batasan menghindari pergaulan yang buruk, sehingga kehilangan identitas mereka. 

Sesungguhnya penantian sejati kita apa? Menantikan Yerusalem baru? Atau apa? 
Kristus sudah mati buat kita. Allah Bapa mengaruniakan Anak-Nya yang Tunggal, supaya manusia ciptaan-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. 
Menunggu itu bukan hal yang negatif. 

Prosperity vs Destiny

Bilangan 32:4-5 (TB)
negeri yang telah dikalahkan oleh TUHAN untuk umat Israel, itulah suatu negeri yang baik untuk peternakan dan hamba-hambamu ini memang ada ternaknya." Lagi kata mereka: "Jika kami mendapat kasihmu, biarlah negeri ini diberikan kepada hamba-hambamu ini sebagai milik; janganlah kami harus pindah ke seberang sungai Yordan."
Bangsa itu bermaksud 'tawar menawar' dengan Tuhan.

Allah memiliki panggilan bagi kita
Mazmur 139:13-16 (TB)
Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. 
Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya.

Ludwig Philipp Albert Schweitzer  mengabdikan kehidupannya untuk kehidupan orang di Afrika yang miskin. Ia mendirikan RS terbesar di Afrika. Tantangan demi tantangan menerpa dirinya, tetapi ia tidak bergeming dan terus menerus melayani. 
Schweitzer menerima penghargaan Nobel tahun 1952 untuk bidang perdamaian pada tahun 1953 atas ajaran filosofinya mengenai penghormatan yang tertinggi untuk kehidupan (reverence of life atau Ehrfurcht vor dem Leben).

Masa depan kita dirancang Allah, tetapi apa yang kita lakukan sangat berperan bagi Allah menggenapinya. 

Sight vs Right

Bilangan 32:1 (TB)  
Adapun bani Ruben dan bani Gad ternaknya banyak, bahkan sangat banyak sekali. Ketika mereka melihat tanah Yaezer dan tanah Gilead, tampaklah tempat itu tempat yang baik untuk peternakan.
Apa yang kita lihat baik menurut kita, belum tentu itu yang terbaik buat kita.


0 comments:

Posting Komentar