26 September 2024

26 September 2024



Sumber: https://www.fiosgenomics.com/microbiome-vs-microbiota/ 

Peran Mikroba dalam tubuh manusia

1. Mikrobiota vs Mikrobioma

Mikrobiota usus manusia mengacu pada triliunan mikroba, seperti bakteri, yang hidup di usus manusia. Mikrobioma adalah lingkungan tempat mereka hidup. Sebagian besar mikroba dalam tubuh bermanfaat, tetapi dapat menjadi berbahaya jika tidak seimbang.

Orang sering menggunakan istilah mikrobiota dan mikrobioma secara bergantian. Namun, ini tidak benar.

Mikrobiota terdiri dari bakteri, virus, jamur, dan mikroorganisme lain yang ada dalam lingkungan tunggal, seperti saluran pencernaan manusia.

Mikrobioma merujuk ke seluruh habitat tubuh, termasuk mikroorganisme, genom, dan kondisi lingkungan sekitarnya.

Artikel ini membahas perbedaan antara mikrobiota dan mikrobioma.

Sumber: https://www.medicalnewstoday.com/articles/307998

Mikrobioma merujuk pada kumpulan mikroorganisme (seperti jamur, bakteri, dan virus) yang menetap di dalam tubuh manusia, hewan, tumbuhan, dan organisme lainnya.

Istilah mikrobioma pertama kali diperkenalkan oleh Joshua Lederberg dalam konteks mendeskripsikan kompleksitas ekologis dari mikroorganisme, yang bisa bersifat komensal, simbion, atau patogen, yang secara langsung menghuni suatu area di dalam tubuh. 

Terminologi mikrobioma telah meraih penggunaan yang lebih meluas, merujuk kepada kelompok mikroorganisme yang secara khusus terkait dengan tuan rumah (kelompok) tertentu atau diperoleh dari lingkungan sekitarnya.

2. Mikrobioma Manusia

Pada manusia, terdapat sekitar 10-100 triliun mikroorganisme yang membentuk mikrobioma. Untuk setiap 10 miliar sel tubuh manusia, terdapat 10 sel mikroba yang hidup di dalamnya. Meskipun sel manusia mengekspresikan lebih dari 20.000 gen, total ekspresi gen dalam tubuh mencapai jutaan gen, sebagian besar diantaranya disumbangkan oleh mikroba. 

Istilah mikrobioma merujuk pada komunitas mikroorganisme yang berinteraksi dengan manusia, meskipun istilah mikrobiota juga sering digunakan secara bergantian. mikrobioma manusia terbesar terdapat di dalam usus, dengan bakteri yang mendominasi peran dalam bidang kekebalan tubuh, nutrisi, dan perkembangan manusia. 

Mikrobioma juga berperan dalam mengatur berbagai proses biologis dan fisiologis tubuh. Ketidakseimbangan dalam sistem kekebalan tubuh dan regulasi inflamasi dapat menjadi penyebab penyakit dan kondisi non-penyakit menular. 

Mikroorganisme yang hidup di lingkungan bebas memiliki karakteristik yang ekstrem karena terpapar udara yang lembab, berbeda dengan mikrobiota yang hidup di mamalia. mikrobioma dalam tubuh manusia terdiri dari bakteri, eukariota, archaea, dan virus. 

Setiap individu memiliki variasi mikrobioma yang signifikan, yang berbeda dengan variasi genom manusia. mikrobioma memainkan peran penting dalam ilmu kedokteran, membantu dalam pengambilan keputusan terkait dengan penanganan masalah kesehatan.

3. Manfaat mikrobioma bagi Manusia

Mikrobioma merupakan faktor penting dalam proses perkembangan, sistem kekebalan, dan nutrisi manusia. 

Selain bakteri patogen, bakteri yang ada dalam tubuh manusia umumnya tidak merugikan, bahkan koloni bakteri tersebut cenderung menguntungkan. 

Penyakit autoimun seperti diabetes, rheumatoid arthritis, distrofi otot, multiple sclerosis, dan fibromialgia ternyata berkaitan dengan disfungsi mikrobioma. Mikroba dengan berbagai ekspresi gennya dapat meningkatkan risiko penyakit. Hal ini disebabkan oleh perubahan aktivitas gen dan proses metabolisme yang memicu respons imun abnormal terhadap zat dan jaringan yang sebelumnya normal dalam tubuh. Penyakit autoimun diduga ditularkan dalam keluarga tidak hanya melalui DNA orang tua, tetapi juga melalui pewarisan mikrobioma keluarga.

Sumber:  https://id.wikipedia.org/wiki/Mikrobioma?wprov=sfla1 

4. You are what you eat

Saya sudah sering mendengar tentang istilah "You are what you eat", namun saya kira hanya tentang perilaku kita waktu makan. Ternyata setelah mempelajari lebih lanjut mengenai hal tersebut, maka terbukalah mata saya, bahwa ada proses biokimia yang kompleks terjadi dalam tubuh kita. Betapa Ajaib nya tubuh kita diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Silakan menonton Video ini, untuk mendapatkan pencerahan terkait dengan apa yang terjadi dalam tubuh kita terkait Mikroba dalam tubuh kita:

Youtube: https://youtu.be/B9RruLkAUm8?feature=shared

Dalam tayangan tersebut di atas, seorang pakar biokimia, mengungkapkan bahwa segala proses dan sistem yang terjadi di tubuh kita, baik secara fisiologis maupun psikologis sangat berkaitan erat, dan bahkan tergantung pada kemampuan tubuh kita memelihara lingkungan yang baik dari Mikroba tersebut.

Ada pula tayangan yang dipersembahkan oleh Netflix, yaitu:







Tayangan tersebut mungkin disajikan dalam tampilan yang lebih sederhana dan bisa kita cerna terkait dengan segala sesuatu yang terjadi dalam tubuh kita.

5. Apa yang harus kita lakukan demi menjaga mikrobioma kita sehat?

Berikut ini adalah tayangan yang berisi tentang mikrobioma dan bagaimana menjaganya secara sehat dalam tubuh kita.


Youtube: https://youtu.be/x_woEoJVWCc?feature=shared 

Demikianlah sajian mengenai Mikrobioma dan Mikrobiota dan peranannya bagi tubuh kita, semoga kita bisa menjadi lebih sehat. 

Tuhan Memberkati.

Febrian Ariyanto


0 comments:

Posting Komentar