28 September 2024

28 September 2024







Hidup Orang Kristen di tengah-tengah dunia yang jahat - Seri Doktrin Keselamatan Part 12

1 Timotius 4

Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka. 

  • Orang yang murtad, meninggalkan Kristus tidak mungkin tanpa alasan. Mereka bisa jadi adalah orang yang salah bergaul, orang yang kecewa dengan orang Kristen, doa mereka tidak terjawab, tidak berakar, atau tertipu ajaran sesat. 
  • Dikatakan di atas, bahwa mereka setelah murtad, kemudian mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan, dengan tipu daya dari para pendusta yaitu orang-orang yang hatinya sudah memakai cap dari setan dan kuasa kegelapan itu.
  • Jagalah hati kita supaya tidak mudah kecewa dan galilah firman Tuhan, renungkan siang dan malam, supaya berakar di dalam Tuhan, sehingga tidak mudah tersesat.

Mereka itu melarang orang kawin, 

  • Kejadian 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."
  • Allah ingin manusia ini bertambah banyak di muka bumi. Manusia malahan tidak mau kawin, otomatis tidak mau punya anak. Zaman sekarang semakin merajalela  gerakan muda mudi selibat, yang tidak mau kawin, dengan alasan punya anak hanya menyusahkan mereka. Ini sesat dan tercela.
  • Dalam 1 Korintus 6 & 7, Rasul Paulus mengatakan "baik bagi seseorang jika tidak menikah", itu konteksnya ia hidup dalam kekudusan khusus buat melayani Tuhan. Bukan untuk hidup biasa. Dikatakan juga oleh Rasul Paulus akan bahaya percabulan jika tidak menikah.
  • Jadi gerakan melarang orang kawin, itu jelas tidak berasal dari Allah.

melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran. Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur, sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa.

  • Seseorang yang makan makanan yang diciptakan Allah, harus makan dengan iman. Tidak boleh seseorang mengharamkan makanan yang diberi oleh Allah. Itu sesat.
  • Akan tetapi, dalam Roma 14:21 [BIS] Lebih baik tidak usah makan daging atau minum anggur atau melakukan apa saja kalau hal itu menyebabkan seorang saudara seiman menjadi berdosa. Alangkah baiknya kita mengalah dengan tidak makan, jika karena kita makan di depan orang yang beragama lain, atau kepercayaan lain yang mengharamkan makanan yang akan kita makan, itu akan menjauhkan mereka dari Kristus. Mereka melihat orang Kristen tidak punya Kasih dan penghormatan kepada mereka. Itulah batu sandungan buat mereka.

Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang baik, terdidik dalam soal-soal pokok iman kita dan dalam ajaran sehat yang telah kauikuti selama ini. Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. 

  • Jemaat yang bertumbuh adalah jemaat yang bertumbuh sebagai suatu organisme yang lengkap. Artinya memiliki komunitas yang terdidik dalam Firman Tuhan dan pengajaran yang baik tentang hidup benar. 
  • Dongeng nenek-nenek tua biasanya berisi tentang suatu yang menakutkan bisa terjadi jika seseorang melanggar sesuatu. Bisa jadi rasul Paulus mengatakan itu sebagai kaitannya dengan ajaran sesat yang diajarkan orang-orang tua dahulu. 
  • Misalnya kita ketahui adanya ajaran tentang Horoskop, Zodiak, Hari sial, Angka sial, dan lain sebagainya. 

Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang. 

  • Rasul Paulus mengatakan bahwa setiap jemaat wajib melatih diri secara rohani, yaitu beribadah. Kita harus melatih diri kita untuk beribadah. Beribadah itu bukan hanya di Gereja, ikut komunitas sel, dsb, namun juga berarti bahwa ibadah yang sejati adalah mempersembahkan tubuh kita yang kudus di hadapan Allah.
  • Yakobus 1:27 Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia

Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya. Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya. Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu. 

  • Inti dari pelayanan setiap orang Kristen bagi dunia, adalah memberitakan Kabar Baik dari Allah. Apa Kabar Baik itu? Bahwa segala daya upaya manusia untuk masuk surga tidak ada gunanya. Semuanya itu sia-sia. Hanya melalui anugerah dan Kasih Karunia Allah dengan menganugerahkan Kristus yang sudah mati mencurahkan darah-Nya dan menjadi juru selamat bagi kita semua.
  • Lukas 4:18-19 4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku 4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar. 

  • Penyesatan oleh kuasa kegelapan, banyak sekali terjadi di semua kalangan. Tua muda miskin kaya, semua mudah sekali tersesat dalam ajaran palsu kuasa kegelapan. Oleh karena itu jagalah kesucian dan Setia lah pada tuntunan Roh Kudus, agar Ia mengajarkan jalan yang lurus dan hidup benar. Bertekun dalam membaca kitab suci, sembilan membangun dan mengajar jemaat.

Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua.  Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang. 

  • Allah memberikan karunia kepada semua orang, besar kecilnya tergantung anugerah Allah, namun semua orang dituntut sama, yaitu pertanggung jawaban. Karunia yang ada pada kita, harus kita jalankan dan menjadi buah bagi Tuhan. 
  • Para Pelayan Tuhan wajib menggali karunia-karunia Allah yang ada padanya. Jangan tinggal dalam zona nyaman dengan menikmati keindahan hidup. Allah punya target dalam kehidupan setia orang, yaitu semuanya harus menghasilkan buah yang manis bagi-Nya.

Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau. 

  • 1 Korintus 9:27 [TSI] Seperti olahragawan, saya melatih diri dengan keras untuk dapat menguasai tubuh dan pikiran, agar jangan sampai saya sendiri gagal setelah mengajak orang-orang lain masuk dalam perlombaan rohani ini.
  • Alangkah baiknya jika kita terus menerus bertekun untuk menjaga hati kita dengan segala kewaspadaan, agar tidak jatuh dalam dosa.
  • Lukas 21:34 "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.

"Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu."

1 Timotius 4:12 

Amin.

0 comments:

Posting Komentar