06 Agustus 2024

06 Agustus 2024




2 Timotius 4

Penuhilah panggilan pelayananmu

Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya: 

  1. Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, 
  2. nyatakanlah apa yang salah, 
  3. tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. 
Karena akan datang waktunya, 

  1. orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, 
  2. tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. 
  3. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. 

Tetapi 

  1. kuasailah dirimu dalam segala hal, 
  2. sabarlah menderita, 
  3. lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan 
  4. tunaikanlah tugas pelayananmu! 
Mengenai diriku (Rasul Paulus), darahku sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan dan saat kematianku sudah dekat. Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

Selama di muka bumi, Yesus, yang adalah Anak Allah, melakukan berbagai pelayanan yang melingkupi antara lain (tapi tidak terbatas pada):
  1. Menyebarkan ajaran tentang Kerajaan Allah, kasih Allah, dan hidup yang kekal (Matius 5-7, Lukas 10:25, Lukas 8:1).
  2. Memberikan pengampunan akan dosa (Lukas 7:37-5)
  3. Merangkul dan bergaul bersama orang-orang yang dianggap sampah oleh masyarakat (Matius 9:10-11). Bahkan dalam kenyataannya, sejumlah murid Yesus dulunya adalah seorang pemungut cukai (Matius 10:3), yakni seorang penagih pajak, yang dibenci oleh masyarakat karena dianggap kaki tangan penjajah.
  4. Mengadakan mukjizat-mukjizat (Matius 14:15-21), mengusir roh jahat (Markus 1:23-26), menyembuhkan penyakit (Matius 8:5-13)
  5. Mengecam dan menegur para ahli-ahli agama (ahli Taurat) yang pada saat itu hidup menyimpang dari ajaran Taurat yang mereka sendiri ajarkan (Matius 12:34)
  6. Menebus dosa manusia (Yohanes 3:16) 
Melayani tidak harus selalu dalam bentuk tindakan besar. Contoh-contoh tindakan melayani dengan kasih seperti di bawah ini bisa dilakukan dalam keseharian, misalnya:
  1. Membantu orang yang sedang memerlukan pertolongan - Luangkan waktu dan tenaga untuk membantu sesama yang tampaknya memerlukan bantuan. 
  2. Mencerahkan Hari Orang Lain - Temukan teman yang tengah menghadapi kesulitan dan tanyakan cara terbaik untuk memberikan bantuan kepada mereka.
  3. Mendoakan Orang Lain - Berdoalah bagi teman yang sedang mengalami kesulitan, memohon agar Tuhan ikut berperan dalam situasi hidup mereka.
  4. Menemui Teman dan Hadir secara Nyata - Hindari hanya berkomunikasi dengan teman melalui platform digital seperti media sosial atau pesan teks. Sebaiknya, jika kondisinya memungkinkan, usahakan untuk bertemu dengan mereka secara langsung.
  5. Menghibur yang Sedang Berduka - Usahakan untuk menemukan momen ketika bisa menjadi pendengar yang empatik dan memberikan nasihat yang bijaksana.

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Kolose 3:23
Amin.

0 comments:

Posting Komentar