29 Juli 2024

29 Juli 2024




Peristiwa penting dalam Kehidupan Sang Mesias - Seri Imanuel Part 10

Lukas 2:1-3:20 <-- Klik di sini

Matius 1:18-3:17 <-- Klik di sini

Berbagai hal terjadi sejak Tuhan Yesus Kristus lahir ke dunia, sebagai bayi di Betlehem:

  1. Para malaikat di padang bersukacita memuji TUHAN Allah karena kelahiran Tuhan Yesus Kristus sebagai Sang Mesias di bumi.
  2. Para Gembala di padang diberitahu tentang kelahiran Tuhan Yesus, serta menyaksikan para malaikat tersebut menyanyi memuji Allah. Setelah itu para Gembala pergi menemui Maria dan Yusuf di Betlehem. Mereka bersukacita karena semua terjadi persis seperti yang dikatakan kepada mereka.
  3. Setelah bayi Yesus berumur 8 hari, Yusuf dan Maria membawanya untuk disunat serta diberi nama "Yesus".
  4. Setelah genap waktu pentahiran setelah melahirkan anak laki-laki yaitu lebih kurang satu bulan kemudian, sebagai anak Sulung laki-laki, dibawa Yusuf dan Maria ke Yerusalem untuk diserahkan kepada TUHAN di Bait Suci, serta memberi persembahan kepada TUHAN.
  5. Simeon dan Nabiah Hana yang melihat bayi Yesus, memuji Allah dan bernubuat mengenai-Nya dan akan menjadi apa Ia kelak. Orangtuanya sangat heran mengenai apa yang Simeon dan Hana katakan.
  6. Orang Majus menyelidiki bintang yang tidak biasa di langit, yang merupakan tanda kelahiran dari seorang Raja yang besar.
  7. Herodes mendengar pertanyaan dari Orang Majus mengenai kelahiran Raja yang besar tersebut, kemudian menjadi khawatir akan ada yang menyainginya. Ia kemudian meminta Orang Majus itu untuk melaporkan kepadanya jika menemukan bayi tersebut. Akan tetapi mereka diberitahu malaikat untuk tidak melewati jalan yang sama sewaktu mereka pulang kembali ke rumahnya. 
  8. Melalui mimpi, Yusuf ayah Tuhan Yesus diperintahkan malaikat untuk pergi ke Mesir bersembunyi. Pergilah Maria dan Yusuf membawa bayi Yesus ke Mesir dan tinggal di sana hingga Herodes mati.  
  9. Herodes menjadi murka dan mengeluarkan perintah pembunuhan semua bayi di bawah usia 2 tahun. Maka terjadilah tangisan besar ibu-ibu yang kehilangan anak-anaknya karena dibunuh oleh Herodes di seluruh Betlehem.
  10. Setelah Herodes mati, maka TUHAN menyuruh Yusuf kembali pulang ke Israel, dan karena takut kepada Arkelaus raja di situ, maka Yusuf masuk dan tinggal di kota bernama Nazaret, supaya disebutkan Yesus orang Nazaret.
  11. Pada perayaan Paskah pergilah Maria, Yusuf dan Tuhan Yesus yang sudah berumur 12 tahun. Setelah beberapa hari perayaan selesai, Maria dan Yusuf dalam perjalanan pulang ternyata Tuhan Yesus tidak ada bersama mereka. Kembalilah mereka dan mencari selama 3 hari. Akhirnya ketemu di Bait Allah, Tuhan Yesus sedang berbicara dengan para alim ulama. Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka.
  12. Setelah dewasa, Yohanes Pembaptis sudah mulai bekerja dan berkhotbah untuk meluruskan jalan bagi Tuhan Yesus. Ia mempertobatkan banyak orang serta membaptis mereka untuk kembali kepada TUHAN Allah dan jangan berbuat jahat lagi. Ia pernah disangka Mesias, tetapi meluruskan kembali, bahwa ada orang yang kuasanya lebih besar daripada dirinya.
  13. Yohanes bersaksi tentang Tuhan Yesus yaitu membuka tali sepatunya pun ia tidak layak. Yohanes membaptis dengan air, tetapi Tuhan Yesus membaptis dengan Roh Kudus dan Api. 
  14. Kemudian datanglah Tuhan Yesus kepada Yohanes untuk dibaptis. Awalnya Yohanes menolak karena sadar diri-Nya tidak layak. Akan tetapi Tuhan Yesus mengatakan bahwa harus menggenapi seluruh firman Allah, maka Yohanes pun membaptisnya. Sesudah dibaptis, dan keluar dari air, Tuhan Yesus melihat Roh Kudus turun seperti burung merpati ke atas-Nya dan TUHAN Allah berfirman, bahwa Tuhan Yesus adalah Akan-Nya yang dikasihi dan perkenan-Nya. 
  15. Yohanes pernah menegur Herodes mengenai perselingkuhannya dengan Herodias, maka setelah itu ia dimasukkan ke dalam penjara. Tugasnya sebagai pembaptis telah selesai. 
  16. Setelah itu seluruh pelayanan Tuhan Yesus di bumi dimulai, yaitu sekitar usia 30 tahun.

Demikianlah kehidupan Tuhan Yesus dari lahir hingga ia memulai pelayanan-Nya di muka bumi, semuanya adalah penggenapan firman TUHAN yang telah disampaikan oleh para Nabi di Perjanjian Lama. 

Pada bagian berikutnya akan disampaikan mengenai pelayanan Tuhan Yesus.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar