04 Juli 2024

04 Juli 2024




Image by freepik

Pembuangan ke Babel

Seri Silsilah Yesus Kristus - Matius 1 Part 21

Matius 1 <-- Klik untuk membaca keseluruhan pasal

Matius 1:10 

1:11 Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. 1:12 Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel,

1 Tawarikh 3:15-19

3:15 Anak-anak Yosia: anak sulung ialah Yohanan, anak yang kedua ialah Yoyakim, anak yang ketiga ialah Zedekia dan anak yang keempat ialah Salum. 3:16 Keturunan Yoyakim ialah Yekhonya, anaknya itu, dan anak orang ini ialah Zedekia. 3:17 Anak-anak Yekhonya, orang kurungan itu, ialah Sealtiel, anaknya, 3:18 lalu Malkhiram, Pedaya, Syenasar, Yekamya, Hosama dan Nedabya. 3:19 Anak-anak Pedaya ialah Zerubabel dan Simei,

Catatan: Dalam 1 Tawarikh 3:15-19 di atas, terlihat bahwa ada nama-nama tokoh yang formatnya Bold berwarna merah yaitu keturunan Yosia yang tidak tertulis dalam Silsilah Tuhan Yesus dalam Matius 1. Sedangkan yang tertulis dalam Bold berwarna hitam, adalah tokoh yang tertulis di dalam silsilah, dan akan diperdalam pembahasannya. 

Jika kita perhatikan dari 2 Tawarikh 36, maka kita ketahui bahwa Yosia mempunyai anak yang bernama Yoahas, diangkat oleh rakyat menggantikan ayahnya. Karena pada waktu itu Kerajaan Mesir berkuasa atas Yehuda (ingat kisah Yosia yang kalah dari Firaun Nekho), maka Yoahas diturunkan dari jabatannya sebagai raja dan rakyatnya didenda oleh Firaun.

Elyakim bin Yosia (yang kemudian mengganti namanya menjadi Yoyakim), diangkat menjadi raja oleh Mesir. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia diturunkan oleh Nebukadnezar raja Babel, yang juga merampas isi Rumah TUHAN.

Yeremia 36 <-- Klik untuk baca ayat

Di dalam ayat bacaan di atas, dikisahkan bahwa raya Yoyakim mengoyakkan kitab yang berisi firman TUHAN dengan perantaraan nabi Yeremia. Allah menghukumnya demikian:

Yeremia 36:28-32

36:28 "Ambil pulalah gulungan lain, tuliskanlah di dalamnya segala perkataan yang semula ada di dalam gulungan yang pertama yang dibakar oleh Yoyakim, raja Yehuda. 36:29 Mengenai Yoyakim, raja Yehuda, haruslah kaukatakan: Beginilah firman TUHAN: Engkau telah membakar gulungan ini dengan berkata: Mengapakah engkau menulis di dalamnya, bahwa raja Babel pasti akan datang untuk memusnahkan negeri ini dan untuk melenyapkan dari dalamnya manusia dan hewan? 36:30 Sebab itu beginilah firman TUHAN tentang Yoyakim, raja Yehuda: Ia tidak akan mempunyai keturunan yang akan duduk di atas takhta Daud, dan mayatnya akan tercampak, sehingga kena panas di waktu siang dan kena dingin di waktu malam. 36:31 Aku akan menghukum dia, keturunannya dan hamba-hambanya karena kesalahan mereka; Aku akan mendatangkan atas mereka, atas segala penduduk Yerusalem dan atas orang Yehuda segenap malapetaka yang Kuancamkan kepada mereka, yang mereka tidak mau mendengarnya." 36:32 Maka Yeremia mengambil gulungan lain dan memberikannya kepada juru tulis Barukh bin Neria yang menuliskan di dalamnya langsung dari mulut Yeremia segala perkataan yang ada di dalam kitab yang telah dibakar Yoyakim, raja Yehuda dalam api itu. Lagipula masih ditambahi dengan banyak perkataan seperti itu.

Kemudian dalam Yeremia 52 Zedekia bin Yosia menjadi raja, ia juga melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, Allahnya. Tuhan membuangnya dari hadapan-Nya. Ia kemudian ditangkap raja Babel, anak-anaknya dibunuh di depan matanya sendiri, ia sendiri dibutakan dan ditahan hingga matinya. Rumah TUHAN di Yerusalem dibakar, tembok kota dirubuhkan.

Inilah saatnya mulai pembuangan bangsa Yehuda ke Babel:

Yeremia 52:27

Lalu raja Babel menyuruh membunuh mereka di Ribla, di tanah Hamat. Demikianlah orang Yehuda diangkut ke dalam pembuangan dari tanahnya.

Kejahatan bangsa Yehuda bertumpuk tumpuk dan menghancurkannya sendiri. Inilah saatnya TUHAN menghukum mereka ke tanah Babel.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar