07 Juli 2024

07 Juli 2024




Image by freepik

Kembali dari Pembuangan di Babel - Seri Silsilah Yesus Kristus - Matius 1 Part 23

Matius 1 <-- Klik untuk membaca keseluruhan pasal

Matius 1:12

1:12 Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel,

Setelah Pembuangan ke Babel, TUHAN Allah mengembalikan bangsa Israel:

Yeremia 29:10

29:10 Sebab beginilah firman TUHAN: Apabila telah genap tujuh puluh tahun bagi Babel, barulah Aku memperhatikan kamu. Aku akan menepati janji-Ku itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke tempat ini.

Yeremia 33:7-10

33:7 Aku akan memulihkan keadaan Yehuda dan Israel dan akan membangun mereka seperti dahulu: 33:8 Aku akan mentahirkan mereka dari segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa terhadap Aku, dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku. 33:9 Dan kota ini akan menjadi pokok kegirangan: ternama, terpuji dan terhormat bagi-Ku di depan segala bangsa di bumi yang telah mendengar tentang segala kebajikan yang Kulakukan kepadanya; mereka akan terkejut dan gemetar karena segala kebajikan dan segala kesejahteraan yang Kulakukan kepadanya. 33:10 Beginilah firman TUHAN: Di tempat ini, yang kamu katakan telah menjadi reruntuhan tanpa manusia dan tanpa hewan, di kota-kota Yehuda dan di jalan-jalan Yerusalem yang sunyi sepi itu tanpa manusia, tanpa penduduk dan tanpa hewan,

2 Tawarikh 36:22-23

Koresh mengizinkan orang-orang buangan pulang ke negerinya

36:22 Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini: 36:23 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, TUHAN, Allahnya, menyertainya, dan biarlah ia berangkat pulang.

Ezra 1:1-3

Koresh mengizinkan orang-orang buangan pulang ke negerinya

1:1 Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini: 1:2 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. 1:3 Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, Allahnya menyertainya! Biarlah ia berangkat pulang ke Yerusalem, yang terletak di Yehuda, dan mendirikan rumah TUHAN. Allah Israel, yakni Allah yang diam di Yerusalem.

Jadi TUHAN Allah, menggerakkan Koresh mengizinkan bangsa Israel yang mau pulang ke Yerusalem, boleh membangun kembali Rumah TUHAN yang sudah rusak.

Secara detail, dapat dibaca dalam Ezra 1:1-10:44 (klik untuk baca ayat lengkap)

Apa yang kita catat dari firman TUHAN di atas:

1. TUHAN membuang satu generasi (70 tahun) yang tidak takut akan TUHAN 

Allah membuang bangsa Israel (Yehuda) yang tidak taat kepada Allah selama 70 tahun (berganti generasi), ke tanah Babel dan memulangkan kembali generasi baru yang takut akan TUHAN, ke tanah Yehuda untuk membangun kembali Rumah TUHAN yang rusak.

2. TUHAN memulai kembali bangsa yang baru

Setelah pembuangan, seluruh bangsa tidak boleh bercampur dengan wanita asing, istri yang bukan bangsa Israel diusir pergi dari mereka.

3. TUHAN membangun kembali Rumah-Nya yang kudus

Pembangunan Rumah TUHAN dilakukan dengan kesungguhan dan kekudusan, agar Nama TUHAN dapat kembali ke dalam Rumah-Nya lagi.

Pelajaran apa yang kita ambil di sini:

  1. TUHAN mau kita bertobat dari jalan kita yang jahat
  2. TUHAN bisa membangun kehidupan kita seperti rancangan-Nya yang semula
  3. TUHAN mau kita berbakti di Rumah-Nya yang kudus sepanjang masa

"Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya kepada Israel!"

Ezra 3:11

0 comments:

Posting Komentar