02 Juli 2024

02 Juli 2024




Image by freepik

Hidup benar di dalam TUHAN 

Seri Silsilah Yesus Kristus - Matius 1 Part 19

Matius 1 <-- Klik untuk membaca keseluruhan pasal

Matius 1:10 

1:10 Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia

Pada kesempatan ini kita akan merenungkan bersama mengenai kehidupan raja Amon dan raja Yosia. 

1. Raja Amon

2 Tawarikh 33:21-25

33:21 Amon berumur dua puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan dua tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. 

33:22 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN seperti yang telah dilakukan Manasye, ayahnya. 

Amon mempersembahkan korban kepada segala patung yang dibuat Manasye, ayahnya, dan beribadah kepada patung-patung itu. 

33:23 Tetapi ia tidak merendahkan diri di hadapan TUHAN seperti Manasye, ayahnya, merendahkan diri, malah Amon makin banyak kesalahannya. 

33:24 Maka pegawai-pegawainya mengadakan persepakatan melawan dia, dan membunuhnya di istananya. 

33:25 Tetapi rakyat negeri itu membunuh semua orang yang mengadakan persepakatan melawan raja Amon; dan rakyat negeri itu mengangkat Yosia, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.

Pemerintahan Amon sangat singkat, hidupnya pun sangat singkat. Usia 24 tahun ia dibunuh oleh pegawainya di istananya sendiri.

Berbeda dengan Manasye ayahnya, raja Amon melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan tidak bertobat.

2. Raja Yosia

2 Raja-raja 22:1-23:30 <-- Klik di sini untuk baca ayat lengkap

2 Tawarikh 34:1-35:27 <-- Klik di sini untuk baca ayat lengkap

2 Tawarikh 34:2

34:2 Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN dan hidup seperti Daud, bapa leluhurnya, dan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri.

Raja Yosia yang masih muda, hidupnya takut kepada TUHAN. Ia tidak mengikuti jejak ayahnya, melainkan hidup benar di mata TUHAN seperti Daud.

Apa saja yang terjadi dalam kehidupan Yosia:

1. Yosia mencari TUHAN, Allah Daud 

2 Tawarikh 34:3

34:3 Pada tahun kedelapan dari pemerintahannya, ketika ia masih muda belia, ia mulai mencari Allah Daud, bapa leluhurnya, 

2. Yosia mentahirkan Yehuda dan Yerusalem dari berhala

2 Tawarikh 34:3-7

Yosia menjauhkan dari segala bukit pengorbanan, tiang berhala, patung pahatan dan tuangan. Mezbah Baal dirobohkan, pedupaan dihancurkan, serta menghamburkannya di atas kuburan orang yang mempersembahkan korban berhala, dari seluruh Israel. 

3. Yosia memperbaiki rumah TUHAN

Yosia mengumpulkan uang dari orang Lewi dan menyerahkan kepada pengawas pembangunan rumah TUHAN. 

Rumah TUHAN itu sudah rusak dan tidak dipelihara oleh raja-raja Yehuda sebelumnya. Yosia memperbaiki dengan sungguh-sungguh. Perhatikan Allah pun melihat hatinya yang tulus itu, Ia berkenan menyempurnakan ketulusan hatinya itu.

4. Yosia mendengarkan Taurat TUHAN - Ia merendahkan diri

2 Tawarikh 34:14-19

Raja Yosia mendengarkan kitab Taurat TUHAN yang ditulis Musa, Ia menyadari betapa ancaman Murka TUHAN kepada kerajaan itu, akibat perbuatan jahat keluarganya.

2 Tawarikh 34:19 

34:19 Segera sesudah raja mendengar perkataan Taurat itu, dikoyakkannyalah pakaiannya.  

Inilah sikap yang benar dari Yosia, yang membuat TUHAN berkenan kepadanya: Ia merendahkan dirinya di hadapan Allah.

3. Yosia mencari petunjuk dari TUHAN Allah

2 Tawarikh 34:20-21

34:20 Kemudian raja memberi perintah kepada Hilkia, kepada Ahikam bin Safan, kepada Abdon bin Mikha, kepada Safan, panitera negara itu, dan kepada Asaya, hamba raja, katanya: 34:21 "Pergilah, mintalah petunjuk TUHAN bagiku, bagi yang masih tinggal di Israel dan di Yehuda tentang perkataan kitab yang ditemukan ini, sebab hebat kehangatan murka TUHAN yang dicurahkan kepada kita, oleh karena nenek moyang kita tidak memelihara firman TUHAN dengan berbuat tepat seperti yang tertulis dalam kitab ini!" 

Yosia dengan serius menanggapi ancaman Murka TUHAN itu dengan mencari petunjuk TUHAN. 

4. Yosia mendapat petunjuk firman Allah

2 Tawarikh 34

Firman TUHAN diberikan kepada Nabiah Hulda dan menyampaikan firman TUHAN kepada raja Yosia, yaitu sesungguhnya TUHAN Allah akan mendatangkan malapetaka atas tempat itu dan penduduknya, yakni semua kutuk seperti dalam kita Taurat yang didengar Yosia, karena semua orang itu menimbulkan sakit hati TUHAN dengan menyembah berhala dan berbuat kejahatan.

34:26 Tetapi kepada raja Yehuda yang telah menyuruh kamu untuk meminta petunjuk TUHAN, harus kamu katakan demikian: Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Mengenai perkataan yang telah kaudengar itu, 34:27 oleh karena engkau sudah menyesal dan engkau merendahkan diri di hadapan Allah pada waktu engkau mendengar firman-Nya terhadap tempat ini dan terhadap penduduknya, oleh karena engkau merendahkan diri di hadapan-Ku, mengoyakkan pakaianmu dan menangis di hadapan-Ku, Akupun telah mendengarnya, demikianlah firman TUHAN, 34:28 maka sesungguhnya Aku akan mengumpulkan engkau kepada nenek moyangmu, dan engkau akan dikebumikan ke dalam kuburmu dengan damai, dan matamu tidak akan melihat segala malapetaka yang akan Kudatangkan atas tempat ini dan atas penduduknya." Lalu mereka menyampaikan jawab itu kepada raja. 

Karena Yosia menyesal dan merendahkan diri di hadapan Allah, maka ia terlepas dari hukuman yang akan dijatuhkan TUHAN kepada seluruh keluarga kerajaan itu.

5. Respons Yosia atas firman TUHAN Allah

2 Tawarikh 34:29-33

34:29 Sesudah itu raja menyuruh orang mengumpulkan semua tua-tua Yehuda dan Yerusalem. 34:30 Kemudian pergilah raja ke rumah TUHAN bersama-sama semua orang Yehuda dan penduduk Yerusalem, para imam, orang-orang Lewi, dan seluruh orang awam, baik yang besar maupun yang masih kecil. Dengan didengar mereka ia membacakan segala perkataan dari kitab perjanjian yang ditemukan di rumah TUHAN itu. 

34:31 Sesudah itu berdirilah raja pada tempatnya dan diikatnyalah perjanjian di hadapan TUHAN untuk hidup dengan mengikuti TUHAN, dan tetap menuruti perintah-perintah-Nya, peraturan-peraturan-Nya dan ketetapan-ketetapan-Nya dengan segenap hatinya dan dengan segenap jiwanya dan untuk melakukan perkataan perjanjian yang tertulis dalam kitab itu. 

34:32 Ia menyuruh semua orang yang berada di Yerusalem dan Benyamin ikut serta dalam perjanjian itu. Dan penduduk Yerusalem berbuat menurut perjanjian Allah, yakni Allah nenek moyang mereka. 

34:33 Yosia menjauhkan segala dewa kekejian dari semua daerah orang Israel dan menyuruh semua orang yang ada di Israel beribadah kepada TUHAN, Allah mereka. Maka sepanjang hidup Yosia mereka tidak menyimpang mengikuti TUHAN, Allah nenek moyang mereka.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar