09 Juni 2024

09 Juni 2024



Silsilah Yesus Kristus - Matius 1 Part 3

Matius 1 <-- Klik untuk membaca keseluruhan pasal

Matius 1:5

1:5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, 1:6 Isai memperanakkan raja Daud.

Ada beberapa tokoh di dalam ayat di atas:

  1. Salmon 
  2. Rahab
  3. Boas
  4. Rut
  5. Obed
  6. Isai
  7. Raja Daud

1. Salmon

1 Tawarikh 2:11

Nahason memperanakkan Salma dan Salma memperanakkan Boas.

Salmon (Ibrani: שַׂלְמוֹן Śalmōn) atau Salmah (שַׂלְמָה Śalmā, Yunani: Σαλμών) adalah sosok yang disebutkan dalam silsilah baik dalam Kitab Suci Ibrani (Perjanjian Lama) maupun Perjanjian Baru.

Ia adalah putra Nahshon, menikah dengan "Rachab" dari Matius 1:5 (kemungkinan Rahab, dari Yerikho), dan Boaz (atau Booz) adalah putra mereka. Jadi, menurut silsilah alkitabiah, Salmon adalah kakek buyut Daud yang bersifat patrilineal. Salmon disebutkan dalam 1 Tawarikh (1 Tawarikh 2:10–11), Kitab Rut (Rut 4:20,21), Matius 1:4-5, dan Lukas 3:32. Nahshon adalah salah satu pemimpin Israel yang hadir bersama Musa[1] selama eksodus dari Mesir yang melakukan "sensus seluruh jemaah anak-anak Israel"[2] dan oleh karena itu Salmon mungkin sezaman dengan Yosua dan bagian dari generasi bangsa Israel yang memasuki tanah perjanjian.

Pernikahan Rahab dengan Salmon tidak disebutkan dalam kisah persembunyiannya. Para utusan Yosua yang dikirim untuk memata-matai Yerikho,[1] meskipun narasi mengenai perannya menyimpulkan bahwa "dia tinggal di Israel hingga hari ini"

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Salmon_(biblical_figure) 

2. Rahab

Yosua 2

Rahab (/ˈreɪhæb/;[1] Ibrani: רָחָב, Modern: Raẖav, Tiberian: Rāḥāḇ, "luas", "besar", Arab: رحاب, menurut Kitab Yosua, adalah sebuah sebidang tanah yang sangat luas),  Seorang wanita non-Yahudi dan Kanaan yang tinggal di Yerikho di Tanah Perjanjian dan membantu bangsa Israel dengan menyembunyikan dua pria yang diutus untuk mengintai kota tersebut sebelum serangan mereka.[2]  Dalam Perjanjian Baru, ia dipuji sebagai teladan seorang suci yang hidup dengan iman, dan sebagai seseorang yang dianggap benar atas perbuatannya.  Menurut penelitian alkitabiah, penulis bermaksud agar dia tidak benar-benar berkontribusi dalam menaklukkan kota tersebut, melainkan menyelamatkan dirinya dan keluarganya dari kematian oleh pasukan Israel.[5][6]

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Rahab#:~:text=Rahab%20

Yosua 6:21-25 <-- Klik untuk membaca

  • Karena jasanya, Rahab dan seluruh keluarga besarnya, tidak ikut ditumpas pada waktu penyerangan Yosua ke Yerikho.

Ibrani 11:31

Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik.

Yosua 2:8-13 <-- Klik untuk membaca 

  • Dalam Ayat bacaan di atas, Rahab jelas sekali mengenal Tuhan Allahnya bangsa Israel. 
  • Disebut dalam Alkitab, bahwa Rahab adalah orang beriman, karena ia mengambil risiko untuk melawan rajanya yang mencari mata-mata Yosua. 
  • Rahab adalah nenek buyut dari Raja Daud.
Amin

Bersambung ke Part 4

0 comments:

Posting Komentar