23 Juni 2024

23 Juni 2024 



Plugged In

  1. Community - memiliki komunitas yang sehat di dalam Tuhan. 
  2. Opportunity - ada peluang yang baik dalam komunitas kita. 
  3. Sensitivity - perlu kepekaan di dalam komunitas kita, kita bisa memahami kebutuhan orang lain, sehingga bisa melakukan yang baik buat orang lain.
SENSITIVITY

1. Kepekaan kepada Pimpinan Tuhan - Kepekaan mendengar suara Tuhan. 

Yosua 10:12-14 (TB)

12 Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!". 13 Maka berhentilah matahari dan bulan pun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh. 14 Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN. 

Matahari diperintah oleh Allah berhenti oleh karena doa Yosua. 

Yosua mengalami ancaman kekalahan karena mau malam, siang diperpanjang karena mengandalkan Tuhan sepenuhnya.

2. Peka terhadap peluang yang Tuhan berikan.

Yosua menyerahkan orang Amori kepada bangsa Israel. Bulan bintang diberhentikan oleh Allah pada waktunya Tuhan (Kairos). Allah mengaruniakan keberhasilan pada waktunya. 

Kesempatan adalah SEKARANG. Bertobat hari ini. Jangan menunda.

Pilihan Allah kepada kita mengangkat kita jangan pikir kekuatan atau keberadaan kita, Allah bisa mengubahkan kita menjadi alat-Nya yang luar biasa. 

Kerja yang jujur - kerja keras. Plugged In maka Allah akan ubahkan hidup kita. 

Yohanes 4:35 (TB) 

Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai.

You are responsible for your influence! 

3. Peka terhadap kebutuhan sesama

Yosua 10:22-27 (TB)

22 Kemudian berkatalah Yosua: "Bukalah mulut gua dan keluarkanlah kelima raja itu dari dalam dan bawa kepadaku." 23 Dilakukan oranglah demikian, kelima raja itu dikeluarkan dari gua itu dan dibawa kepadanya: raja Yerusalem, raja Hebron, raja Yarmut, raja Lakhis dan raja Eglon. 24 Setelah raja-raja itu dikeluarkan dan dibawa kepada Yosua, maka Yosua pun memanggil semua orang Israel berkumpul dan berkata kepada para panglima tentara, yang ikut berperang bersama-sama dengan dia: "Marilah dekat, taruhlah kakimu ke atas tengkuk raja-raja ini." Maka datanglah mereka dekat dan menaruh kakinya ke atas tengkuk raja-raja itu. 25 Lalu berkatalah Yosua kepada mereka: "Janganlah takut dan janganlah tawar hati, kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab secara itulah akan dilakukan TUHAN kepada semua musuhmu, yang kamu perangi." 26 Sesudah itu Yosua membunuh raja-raja itu, dan menggantung mereka pada lima tiang, dan mereka tinggal tergantung pada tiang-tiang itu sampai matahari terbenam. 27 Tetapi menjelang matahari terbenam, atas perintah Yosua mayat mereka diturunkan dari tiang-tiang itu, dan dilemparkan ke dalam gua, tempat mereka bersembunyi. Lalu mulut gua itu ditutupi orang dengan batu-batu besar, yang masih ada sampai sekarang. 

Masalah sebesar apapun pasti akan ditaruh di kaki kita, karena Allah yang berperang ganti kita. 

Berjalan bersama dalam komunitas kita, iCare. Kita bisa peduli dengan melakukan sesuatu. 

Amin

0 comments:

Posting Komentar