28 Juni 2024

28 Juni 2024



Rumah TUHAN dikuduskan

Seri Silsilah Yesus Kristus - Matius 1 Part 15

Matius 1 <-- Klik untuk membaca keseluruhan pasal

Matius 1:9

1:9 Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia,

Pada kesempatan ini kita akan merenungkan bersama mengenai kehidupan raja Hizkia. 

2 Tawarikh 29:1-32:33 <-- Klik di sini untuk membaca ayat

1. Hizkia menguduskan kembali Rumah TUHAN

Dalam 2 Tawarikh 29:1-36 dapat kita ketahui bahwa raja Hizkia melakukan perombakan besar-besaran dalam kerajaan Yehuda, yaitu Ia dan seluruh rakyat Yehuda memperbaiki Rumah TUHAN dan menguduskan diri mereka. Ia Mengikatkan dirinya pada TUHAN untuk selalu menyembah-Nya. Orang-orang Lewi menguduskan diri mereka dan menjadi pelayan-pelayan TUHAN seperti yang ditetapkan dalam masa Daud dan Salomo.

Hizkia mengadakan pentahbisan umat untuk melayani TUHAN, setelah itu ia dan seluruh rakyat mempersembahkan korban penebusan dan korban bakaran dalam Rumah TUHAN. 

2. Hizkia merayakan Paskah

Dalam 2 Tawarikh 30 dicatat bahwa Hizkia mempersiapkan dan merayakan Paskah bagi TUHAN. Ia tidak merayakan sendiri bagi Yehuda, tetapi juga menyerukan bagi umat Israel yang meninggalkan TUHAN. 

Seperti diketahui, bahwa bangsa Yehuda dan Israel terpecah. Bangsa Yehuda di Yerusalem, semenjak Daud dan Salomo meninggalkan TUHAN, tetapi masih ada raja yang kembali kepada TUHAN. Sedangkan Israel di Samaria, meninggalkan TUHAN dan belum ada rajanya yang berbalik kepada TUHAN. Hizkia menyerukan ini dari kota-ke kota mereka, dan utusan itu menjadi bahan olokan dan ejekan. Akan tetapi ada pula orang yang mau datang ke Yerusalem.

Seluruh mezbah berhala dibuang ke lembah Kidron dan orang-orang berbalik kepada TUHAN. Akan tetapi ada sebagian orang yang belum menguduskan diri dan memakan Paskah. Hizkia berdoa untuk memohonkan ampun bagi mereka.

TUHAN mendengar Hizkia dan membiarkan bangsa itu selamat 

2 Tawarikh 30:20
Amin.

0 comments:

Posting Komentar