16 Juni 2024

16 Juni 2024



Rehabeam bertobat dan diampuni Allah 

Seri Silsilah Yesus Kristus - Matius 1 Part 7


Matius 1 <-- Klik untuk membaca keseluruhan pasal

Matius 1:7-8

1:7 ...Rehabeam memperanakkan Abia,

Ada beberapa tokoh di dalam ayat di atas:

  1. Rehabeam

  1. Abia

1. Rehabeam mati

2 Tawarikh 11:20-23

11:20 Sesudah Mahalat ia mengambil Maakha, anak Absalom, menjadi isterinya, yang melahirkan baginya Abia, Atai, Ziza dan Selomit. 11:21 Rehabeam mencintai Maakha, anak Absalom itu, lebih dari pada semua isteri dan gundiknya--ia mengambil delapan belas isteri dan enam puluh gundik dan memperanakkan dua puluh delapan anak laki-laki dan enam puluh anak perempuan. 11:22 Rehabeam mengangkat Abia, anak Maakha, sebagai pemuka, yakni sebagai pemimpin di antara saudara-saudaranya, karena ia bermaksud menjadikan dia raja. 11:23 Oleh sebab itu ia mengambil kebijaksanaan untuk menyebarkan semua anaknya yang lain ke seluruh daerah Yehuda dan Benyamin, ke segala kota kubu. Ia memberikan mereka makanan dengan limpahnya dan menyediakan bagi mereka banyak isteri.

Tercatat dalam 2 Tawarikh 12, Rehabeam bertobat dan merendahkan diri di hadapan TUHAN dan Ia mengampuninya, dan memperkuat kerajaannya hingga matinya pun dikuburkan bersama nenek moyangnya. Rehabeam mengangkat Abia sebagai raja menggantikannya.

2. Abia

2 Tawarikh 13 <-- Klik untuk membaca ayat

Dari ayat bacaan di atas, raja Abia mengokohkan kerajaan Yehuda melawan Israel di bawah pemerintahan raja Yerobeam. Abia adalah orang yang berani karena mengandalkan Tuhan Allahnya Daud.

Suatu ketika ia berperang melawan Israel dan dikepung dari depan dan dari belakang. 

2 Tawarikh 13:14-18 

13:14 Ketika Yehuda menoleh ke belakang, lihatlah, mereka harus menghadapi pertempuran dari depan dan dari belakang. Mereka berteriak kepada TUHAN, sedang para imam meniup nafiri, 13:15 dan orang-orang Yehuda memekikkan pekik perang. Pada saat orang-orang Yehuda itu memekikkan pekik perang, Allah memukul kalah Yerobeam dan segenap orang Israel oleh Abia dan Yehuda. 13:16 Orang Israel lari dari depan Yehuda, tetapi Allah menyerahkan mereka ke dalam tangan Yehuda. 13:17 Abia dengan laskarnya mendatangkan kekalahan yang besar kepada mereka. Dari orang Israel mati terbunuh lima ratus ribu orang pilihan. 13:18 Demikianlah orang Israel ditundukkan pada waktu itu, sedang orang Yehuda menjadi kokoh, karena mereka mengandalkan diri kepada TUHAN, Allah nenek moyang mereka

Demikianlah raja Abia berhasil mengalahkan kejahatan dengan mengandalkan kekuatan Allah.  

Kesimpulan: 

Jadi kita dapat belajar dari kisah kehidupan para tokoh Alkitab yang sudah kita bahas:

1. Raja Daud - begitu dahsyat dan kuat, pernah jatuh ke dalam dosa pembunuhan dan perzinahan, kemudian ditegur Tuhan dan bertobat, namun sepanjang hidupnya sengsara dalam berbagai kejadian, namun hingga akhir hayatnya Ia setia kepada Tuhan.

2. Raja Salomo - raja yang sangat kaya dan penuh hikmat, ia mendirikan Bait Allah, kerajaan seluruh Israel bersatu, bahkan tidak pernah ada peperangan selama pemerintahannya. Akan tetapi ia mengambil istri istri yang jumlahnya sangat banyak, termasuk dari bangsa yang tidak menghormati Allah, akhirnya ia kehilangan kepercayaan Allah karena menyembah berhala bersama istrinya. Allah mengoyakkan kerajaan melalui anaknya, yaitu Rehabeam. 

3. Raja Rehabeam -  Awalnya ia sangat sombong dan memilih mendengarkan nasihat yang jahat. Ia kemudian ditegur Allah melalui nabi Semaya dan ia bertobat. Allah mengampuninya dan mengokohkan kerajaannya.

4. Raja Abia - ia adalah raja Yehuda yang saleh dan sangat takut kepada Allah. Ia mengandalkan Tuhan dalam setiap hal. Ia menguduskan kerajaannya dengan menjauhkan segala penyembahan berhala. Kerajaannya dikokohkan Allah dengan menundukkan Yerobeam raja Israel yang mengkhianati keluarga Daud.

Allah menjaga umat-Nya yang berlindung kepada-Nya dengan segenap hati. 

Mereka berteriak kepada TUHAN, sedang para imam meniup nafiri,
2 Tawarikh 13:14
Amin.

Bersambung ke Part 8

0 comments:

Posting Komentar