09 Juni 2024

09 Juni 2024

Opportunity
Yosua 10
Allah memberi kesempatan - - > Yosua mengambil peluang yang ada itu.
1. Mengenali kesempatan
Yosua 10:6-7 (TB)
6 Lalu orang-orang Gibeon itu menyuruh orang kepada Yosua, ke tempat perkemahan di Gilgal, mengatakan: "Jangan menarik tanganmu dari pada hamba-hambamu ini. Datanglah dengan segera kepada kami, lepaskanlah kami dan bantulah kami, sebab semua raja orang Amori, yang diam di pegunungan, telah bergabung melawan kami." 7 Lalu Yosua bergerak maju dari Gilgal, dia dan seluruh tentara yang bersama-sama dengan dia, semuanya pahlawan yang gagah perkasa.
Seperti Ayub yang dulunya belum mengenal Tuhan secara Pribadi, setelah mengalami masalah, malahan menjadi berkat buatnya, karena ia akhirnya mengenal Tuhannya secara langsung. 
Contoh: Perusahaan Gojek dan Tokopedia didirikan karena pendirinya melihat ada masalah. Orang di daerah terpencil, yang kesulitan untuk membeli barang tertentu. Pendirinya akhirnya bisa menciptakan aplikasi yang mengatasi masalah itu. 
Begitulah kesempatan yang diberikan Tuhan bagi kita. Seringkali muncul pada saat terjadi masalah. 
2. Asking with faith
Meminta Dengan Iman kepada Allah. 
Yosua 10:12-14 (TB)
12 Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!"
13 Maka berhentilah matahari dan bulan pun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh. 14 Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN. 

Iman dari Yosua sangat besar. Ia percaya Allahnya pasti akan melaksanakan apa yang didoakannya. 
Bagaimana ia bisa punya iman sebesar itu? Karena ia hidup bergaul dengan Allah. Ia sudah banyak berperang dan Allah menolongnya. 
1:5 
Kita bisa mengatakan dengan iman kepada masalah kita, masalah kita selesai. 
Mari kita berdoa untuk intervensi Allah. 
3. Bekerjasama dengan Allah
Yosua 10:13 (TB) Maka berhentilah matahari dan bulan pun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh. 
Kita seperti mendapat durian runtuh.
Tuhan akan memberikan kesempatan pada kita, tetapi pilihan kita untuk memanfaatkan peluang itu. 
Jangan sampai kita bertanya, "kenapa teman saya bisa sampai di sana, kok saya masih di sini ya?". 
Apa yang kita lakukan dalam 24 Jam? Allah memberikan 24 jam kesempatan yang sama bagi semua orang. 
Kuncinya ada pada berlatih dan kesungguhan. Setiap orang punya kesempatan yang sama, bedanya adalah usaha dan kerja keras kita. 
4. Reaping Victory from God
Yosua 10:15 (TB)  Kemudian Yosua dan seluruh orang Israel yang menyertainya pulang kembali ke tempat perkemahan di Gilgal. 
Yosua dan pasukan pulang dengan kemenangan. 
IFGF Nepal: beberapa tahun lalu pemerintahannya goncang. Semua orang Kristen dilarang memberitakan Injil. IFGF melihat kesempatan pemerintahan yang runtuh itu tidak mengawasi lagi mereka segera mendirikan Gereja, tetapi begitu Pemerintahan baru sudah solid, kembali orang Kristen dilarang menginjil.
Kita tahu bahwa Allah menggenapi janji-Nya.

Opportunity:
1. Kesempatan yg Tuhan berikan kita kenali. 
2. Berdoa dengan iman. 
3. Bekerja dengan Allah. 
4. Menuai kemenangan dari Allah. 

Amin. 



0 comments:

Posting Komentar