23 Juni 2024

23 Juni 2024




Image by freepik

Kejahatan Yoram - Kesetiaan TUHAN

Seri Silsilah Yesus Kristus - Matius 1 Part 11

Matius 1 <-- Klik untuk membaca keseluruhan pasal

Matius 1:8-9

1:8 ... Yosafat memperanakkan Yoram,

Ada beberapa tokoh di dalam ayat di atas:

  1. Yosafat
  2. Yoram

1. Raja Yoram diangkat menjadi raja Yehuda

2 Tawarikh 21:2-3 

Raja Yoram

21:2 Saudara-saudaranya, anak-anak Yosafat, ialah: Azarya, Yehiel, Zakharia, Azariahu, Mikhael dan Sefaca. Mereka semua anak-anak Yosafat, raja Israel. 21:3 Ayahnya memberikan kepada mereka banyak pemberian, berupa emas dan perak dan barang-barang berharga, juga kota-kota berkubu di Yehuda. Tetapi kedudukan raja diberikannya kepada Yoram, karena dialah anak sulungnya. 

  • Yoram mendapatkan kedudukan raja karena ia anak Sulung di antara 6(enam) saudaranya yang lain. Mereka semuanya mendapatkan banyak pemberian dari Yosafat ayahnya.
2. Yoram melakukan apa yang jahat di mata TUHAN

2 Tawarikh 21:2-3

21:4 Sesudah Yoram memegang pemerintahan atas kerajaan ayahnya dan merasa dirinya kuat, ia membunuh dengan pedang semua saudaranya dan juga beberapa pembesar Israel. 21:5 Yoram berumur tiga puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan delapan tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. 21:6 Ia hidup menurut kelakuan raja-raja Israel seperti yang dilakukan keluarga Ahab, sebab yang menjadi isterinya adalah anak Ahab. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. 

  •  Yoram melakukan apa yang jahat di mata TUHAN: 

1) Merasa dirinya Kuat

Ia mulai sombong, di sinilah awal dari segala kejahatannya: Kesombongan. Ia merasa bahwa kekuatannya adalah dari dirinya sendiri. Ia tidak sadar bahwa itu adalah anugerah Allah baginya.

2)  Membunuhi orang yang menjadi ancaman baginya

Yoram membunuhi saudara-saudaranya dan pembesar Israel, bisa jadi karena mereka adalah ancaman bagi kedudukannya. Ini adalah perintah Kuasa Kegelapan yang menjadi tuannya. Logika dan akal sehat Sudah tidak lagi dimilikinya. Bayangkan saudaranya sendiri dibunuhnya, bukannya diajak untuk memperkuat dirinya.

3) Yoram mengambil istri yaitu anak Ahab

Ahab adalah raja Israel yang jahat di mata TUHAN, tetapi Yoram malahan mengambil anaknya menjadi istrinya. Akibatnya adalah kehidupannya dipengaruhi cara hidup mereka yang dibenci Tuhan dengan penyembahan berhala. 

3. Tuhan mengingat janji-Nya kepada raja Daud

2 Tawarikh 21:7

21:7 Namun demikian, TUHAN tidak mau memusnahkan keluarga Daud oleh karena perjanjian yang diikat-Nya dengan Daud, sesuai dengan yang dijanjikan-Nya, bahwa Ia hendak memberikan keturunan kepadanya dan kepada anak-anaknya untuk selama-lamanya.

Ulangan 7:9

Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan,

I Tesalonika 5:24

Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menggenapinya

  • Betapa Kasih Tuhan begitu ajaib, orang yang sedemikian jahatnya, masih diberi kesempatan untuk bertobat, dengan mengingat perbuatan raja Daud nenek moyangnya yang sangat dikasihi TUHAN.

  • Pelajaran ini harus kita camkan, bahwa perbuatan kita yang benar di mata TUHAN, bisa menjadi penolong bagi para keturunan kita. Jagalah kehidupan kita benar dan berlakulah setia.

Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia,

Mazmur 37:3

Amin.

0 comments:

Posting Komentar