29 Mei 2024

28 Mei 2024



The Beast dan nabinya dikalahkan - Wahyu 19 Part 4

Wahyu 19 <--Klik di sini untuk membaca ayat utuh

Wahyu 19 terbagi menjadi 4 bagian besar:

  1. Nyanyian atas jatuhnya Babel (Part 1)
  2. Perjamuan kawin Anak Domba (Part 2)
  3. Firman Allah (Part 3)
  4. Binatang serta nabinya dikalahkan (Part 4)

Wahyu 19:17-21 

Binatang serta nabinya dikalahkan

Wahyu 19:17

19:17 Lalu aku melihat seorang malaikat berdiri di dalam matahari 

1. Dalam bahasa Grika (bahasa asli Perjanjian Baru) --> εν = en = di dalam

2. Matahari dalam bahasa aslinya adalah"Gadol"

  • Ada yang spesial dalam bagian ayat 17 di atas, yaitu seorang malaikat berdiri di dalam Matahari. Apakah mungkin ini suatu kiasan? Apakah ini kesalahan cetak, seharusnya "Di atas Matahari" atau bagaimana yang sesungguhnya? Atau jangan-jangan paradigma tentang Matahari yang kita ketahui harus diubah?  
  • Dalam hal ini kita tidak akan mengubah arti harfiah dari ayat di atas, apa yang tertulis di situ, itulah yang akan kita percayai, yaitu ada seorang malaikat yang berdiri "Di dalam" Matahari. 
  • Berarti jika Matahari adalah sesuai dengan ayat dalam kitab Kejadian:

Kejadian 1:16-17

1:16 Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang. 1:17 Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,

  • Sekali lagi kami tekankan, jangan pernah sekali-kali menafsir-nafsir ayat ini melambangkan apa, tetapi lihatlah tulisan tersebut sebagai apa yang sungguh-sungguh disaksikan Rasul Yohanes. Jadi sekalipun apa yang terjadi itu tidak masuk di logika, memang betul-betul persis itulah yang Rasul Yohanes saksikan. Malaikat dikatakan berdiri di dalam Matahari. Matahari berada pada cakrawala.
Wahyu 19:17

19:17 dan ia berseru dengan suara nyaring kepada semua burung yang terbang di tengah langit, katanya: "Marilah ke sini dan berkumpullah untuk turut dalam perjamuan Allah, perjamuan yang besar, 19:18 supaya kamu makan daging semua raja dan daging semua panglima dan daging semua pahlawan dan daging semua kuda dan daging semua penunggangnya dan daging semua orang, baik yang merdeka maupun hamba, baik yang kecil maupun yang besar." 19:19 Dan aku melihat binatang itu dan raja-raja di bumi serta tentara-tentara mereka telah berkumpul untuk melakukan peperangan melawan Penunggang kuda itu dan tentara-Nya. 19:20 Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang. 19:21 Dan semua orang lain dibunuh dengan pedang, yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu; dan semua burung kenyang oleh daging mereka.

  • Malaikat itu berseru kepada semua burung untuk turut dalam perjamuan Allah memakan daging musuh-musuh Allah itu. 
  • The Beast atau binatang itu, beserta raja-raja di bumi berkumpul untuk melakukan peperangan melawan Tuhan Yesus dan tentara-Nya.
  • Pada akhirnya semua yang melawan Tuhan Yesus dikalahkan The Beast dan nabi palsunya dimasukkan hidup-hidup ke dalam api belerang, sedangkan semua yang lainnya, dibunuh pedang firman TUHAN, setelah itu dagingnya dimakan oleh semua burung.
Amin.   

0 comments:

Posting Komentar