04 Mei 2024

04 Mei 2024



Image by freepik

Sepakat

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke 352

Ps.Apius baru pulang dari Penajam sekitar IKN, desa Babulu Darat. Ada 150 KK dan Kristen hanya 5 KK. Bersaksi dan membangkitkan iman orang Kristen di sana, untuk bersaksi. 

Doakan misi ke Long Tu Yok Ilir, ada permasalahan dengan internal suku daerah di sana. Belum bisa masuk. Dua hari kapal motor, dua belas jam naik Speedboat, dua jam berjalan kaki. Kita doakan pelayanan di sana.

Matius 18:19-20

18:19 Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. 18:20 Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."

  • "Sepakat" tidak harus berdua atau lebih. Sepakat dalam Doa artinya seperti apa yang Tuhan inginkan? Doa sepakat itu apa?
  • "Sepakat" dalam Bahasa Yunani = Simponia = Symphony = Musik Simponi orkestra = Paduan dari berbagai alat musik tetapi memainkan irama dan lagu yang sedap didengar.
  • "Sepakat" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia = Setuju; sependapat.

Apa pengertian "Sepakat" menurut Tuhan?  

1. Sepakat dengan Tuhan

  • Kita harus mengerti dulu apa yang menjadi kehendak Allah, bukan kehendak kita.
  • Kita harus mempelajari dan mengenal Tuhan terlebih dahulu, baru berdoa. Kalau tidak, maka kita berdoa hanya untuk mencari keuntungan diri kita sendiri. 
  • Tuhan Yesus dalam "Doa Bapa Kami" mengajarkan hal-hal yang tidak utama untuk diri kita sendiri. 
  • Jika kita sedang sakit, maka doa kita adalah untuk mengimani kebenaran firman Tuhan atau sepakat dengan firman Tuhan, maka permintaan kita pasti dikabulkan.

Ulangan 28:13-14

28:13 TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia, 28:14 dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya."

Yohanes 15:7

Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya

Pada saat kita sudah sepakat dengan Tuhan, maka segala permintaan kita sesuai dengan kehendak Allah. 

Allah pun sepakat dengan manusia. Lihatlah kisah malaikat yang diutus kepada Lot, untuk menyelamatkannya. Perhatikan ada "negosiasi" antara Lot dengan malaikat tersebut. Atas seizin Allah, malaikat itu mengabulkan permintaan Lot. 

 2. Sepakat dengan pasangan kita

  • Kalau suami dan istri tidak sepakat, maka akan sulit untuk dipersatukan. Doa itu harus sepakat. Di hadapan Allah keduanya adalah satu.

Kejadian 16:5-6

16:5 Lalu berkatalah Sarai kepada Abram: "Penghinaan yang kuderita ini adalah tanggung jawabmu; akulah yang memberikan hambaku ke pangkuanmu, tetapi baru saja ia tahu, bahwa ia mengandung, ia memandang rendah akan aku; TUHAN kiranya yang menjadi Hakim antara aku dan engkau." 16:6 Kata Abram kepada Sarai: "Hambamu itu di bawah kekuasaanmu; perbuatlah kepadanya apa yang kaupandang baik." Lalu Sarai menindas Hagar, sehingga ia lari meninggalkannya.

  •  Jika seorang istri sepakat dengan suami yang memberikan uang kepadanya, dengan asal penghasilan dari korupsi. 

Kisah Para Rasul 5:1-11 - kisah Ananias dan Safira, mempunyai pelajaran bagi kita, bahwa kesepakatan suami dan istri haruslah kesepakatan yang benar.

Amin  

0 comments:

Posting Komentar