30 Mei 2024

30 Mei 2024 



Kerajaan 1.000 tahun - Wahyu 20 

Wahyu 20 <-- Klik untuk membaca

1. Kerajaan seribu tahun

Wahyu 20:1

20:1 Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; 20:2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, 20:3 lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya. 
  • Rasul Yohanes mendapat penglihatan mengenai Iblis yang diikat 1.000 tahun di dalam jurang maut yang dimeteraikan. Tujuannya agar ia tidak menyesatkan lagi bangsa-bangsa.
  • Setelah 1.000 tahun berakhir ia akan dilepaskan sedikit waktu lamanya.
  • Bisa jadi yang akan terjadi adalah, sekalipun 1.000 tahun sebentar saja menurut alam roh, tetapi menurut manusia itu waktu yang sangat panjang. Apa dampaknya? Bagi orang yang tidak mengenal Tuhan dan kehendak-Nya, kedagingan yang sudah melekat di dalam diri mereka bisa saja tetap menguasai dan berbuahkan dosa lagi, walaupun tidak ada iblis yang menggoda. 
  • Kejahatan dan dosa itu bisa saja tetap akan muncul juga selama 1.000 tahun itu. Sehingga setelah 1.000 tahun itu berakhir, sewaktu iblis dilepaskan, ia segera mengumpulkan orang-orang berdosa tersebut.

Wahyu 20:4

20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun. 20:5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama. 20:6 Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya

Apa saja yang dilihat oleh Rasul Yohanes: 

    • Takhta - ada orang yang duduk di takhta itu. Mereka diberi kuasa menghakimi.
    • Jiwa-jiwa - Orang yang dipenggal kepalanya karena Tuhan Yesus; Orang yang tidak menyembah "The Beast" dan patungnya, juga yang tidak menerima tanda pada dahi dan tangan mereka.
    • Orang-orang itu hidup kembali memerintah bersama Tuhan Yesus selama 1.000 tahun lamanya.
    • Selain orang-orang tersebut di atas, orang mati tidak akan bangkit sebelum 1.000 tahun itu berakhir.

Firman Allah:

    • Berbahagia dan kuduslah orang yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama tersebut.
    • Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka.
    • Mereka akan dijadikan imam-imam Allah dan Kristus, yang akan memerintah menjadi raja bersama-sama dengan Kristus, 1.000 tahun lamanya.
2. Iblis dihukum

Wahyu 20:7

20:7 Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, 20:8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut. 

Setelah 1.000 tahun berakhir, iblis dilepas dan menyesatkan lagi pada keempat penjuru bumi.

Iblis mengumpulkan sejumlah besar bangsa-bangsa seperti pasir di laut, untuk berperang. 

Sebelum lebih jauh lagi, dalam ayat bacaan disebutkan "...keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog,..." apa itu Gog dan Magog?

Yehezkiel 39:6

Aku mendatangkan api ke atas Magog dan ke atas orang-orang yang diam di daerah pesisir dengan aman tenteram, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN

Yehezkiel 39:1

Dan engkau, anak manusia, bernubuatlah melawan Gog dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal

  • Berarti dapat diambil kesimpulan bahwa Gog dan Magog itu adalah raja yang menjadi musuh Allah sejak zaman Perjanjian Lama. Allah menyatakan diri melawan mereka.

  • Jadi siapakah yang serupa dengan Gog dan Magog pada zaman modern saat ini? Yaitu setiap penguasa-penguasa atau negara-negara yang melawan Allah.

20:9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka, 20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

  • Orang-orang pengikut iblis yang dikumpulkan dari Gog dan Magog itu mengepung orang Kudus dan kota yang dikasihi Allah.
  • Allah tidak tinggal diam, api dari langit menghanguskan mereka.
  • Iblis yang menyesatkan mereka dilempar ke dalam lautan api dan belerang, di mana sudah ada The Beast dan nabi palsu terlebih dahulu. Mereka akan disiksa selamanya tidak terputus.

3. Hukuman yang terakhir

Wahyu 20:11-15

20:11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya. 

  • Allah menyaksikan dari takhta-Nya, bumi dan langit lenyap sama sekali tidak berbekas. Semua dihapuskan. Ciptaan Tuhan dihilangkan dari tempatnya semula. Inilah yang disebut orang, "Hari KIAMAT".

20:12a Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. 

  • Orang-orang mati dihadapkan di depan Takhta Allah Yang Maha Kuasa. Tidak ada yang terkecuali.

20:12b Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. 20:13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya. 

  • Inilah yang disebut "Penghakiman Terakhir", perbuatan orang tersebut dihakimi berdasarkan semua kitab. Ada juga kitab kehidupan, nama-nama orang dicatat di sana.
  • Orang-orang yang mati di laut, mungkin tenggelam atau dilarung abunya di laut, dan ada juga orang yang ada dalam "maut" dan "kerajaan maut" semuanya keluar dari sana dan menghadap Takhta Allah untuk dihakimi sesuai perbuatan mereka. 

20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api. 20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

  • Jadi ada yang namanya "maut" dan "Kerajaan maut",  itu bukan Neraka. Bisa jadi itu adalah tempat sementara orang mati yang tidak di dalam Tuhan. 
  • Setelah selesai semua orang di dalamnya keluar, maka maut dan kerajaan maut itu dilemparkan ke dalam "Lautan Api" Inilah yang kita kenal dengan "Neraka Kekal".
  • Orang yang namanya tidak tertulis dalam kitab kehidupan, dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya. 

Wahyu 3:5

Amin

0 comments:

Posting Komentar