07 Mei 2024

07 Mei 2024




Image by creativeart on Freepik

Kaya di hadapan Allah

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke 397

Lukas 12:13-21

Orang kaya yang bodoh

12:13 Seorang dari orang banyak itu berkata kepada Yesus: "Guru, katakanlah kepada saudaraku supaya ia berbagi warisan dengan aku." 12:14 Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Saudara, siapakah yang telah mengangkat Aku menjadi hakim atau pengantara atas kamu?" 12:15 Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu." 12:16 Kemudian Ia mengatakan kepada mereka suatu perumpamaan, kata-Nya: "Ada seorang kaya, tanahnya berlimpah-limpah hasilnya. 12:17 Ia bertanya dalam hatinya: Apakah yang harus aku perbuat, sebab aku tidak mempunyai tempat di mana aku dapat menyimpan hasil tanahku. 12:18 Lalu katanya: Inilah yang akan aku perbuat; aku akan merombak lumbung-lumbungku dan aku akan mendirikan yang lebih besar dan aku akan menyimpan di dalamnya segala gandum dan barang-barangku. 12:19 Sesudah itu aku akan berkata kepada jiwaku: Jiwaku, ada padamu banyak barang, tertimbun untuk bertahun-tahun lamanya; beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah! 12:20 Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti? 12:21 Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah."

  • Orang kaya di atas mengatakan,"Aku akan". Seolah ia tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tuhan ternyata tidak memperpanjang umurnya. 
  • Lihatlah bahwa kekayaan bisa membuat orang tidak bisa melihat Allah dalam kehidupannya. Ia merasa segala sesuatu bisa diatur, termasuk masa depannya sendiri. Inilah kebodohan yang diakibatkan uang.

Matius 6:20-21

6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. 6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

  • Orang berlomba-lomba mencari dan menimbun harta di dunia ini. Setiap orang fokusnya pada membangun kerajaannya di bumi ini. 
  • Orang bekerja dari pagi hingga malam untuk mencari uang sebagai sasaran hidup itu keliru. bekerja itu bukan untuk mencari uang!! Bekerja adalah tanggung jawab kita, sebagai ucapan syukur karena sudah diberkati terlebih dahulu.
  • Dalam Lukas 12:13-14, ada orang yang merasa tidak diperlakukan adil oleh saudaranya. Tuhan Yesus menolak mengatasi masalah orang kaya itu, karena dosa menguasai hidup mereka. Mereka hidup tamak akan harta benda.
  • Coba lihatlah orang yang kaya: sudah punya uang banyak, berusaha menjadi pejabat tinggi, penghasilan berlimpah ruah, tetapi tetap masih kurang, sehingga mereka melakukan korupsi. Itulah ketamakan. Hidupnya di
  • Ada film "Blackhole", lingkaran hitam yang bisa membuat ia pergi ke mana pun. Ia masuk ke suatu ruangan yang di dalam bank. Ia masuk ke dalam Brankas bank yang membuatnya tidak bisa keluar lagi. Ini gambaran ketamakan. Seseorang yang membiarkan dirinya tamak akan uang, maka ia tidak akan pernah terbebas lagi.
  • Inilah gambaran yang tepat akan kehidupan orang yang tergantung pada kekayaannya itu.

Lukas 12:15

Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu."

  • Jika kita menggantungkan kehidupan kita pada kekayaan, maka kita akan terhilang.
  • Dalam Lukas 12:18-19, kedagingan itu akan menguasai diri kita. Kita tidak akan pernah puas dengan apa yang namanya kekayaan. Segala penghasilan kita tidak akan merasa cukup. 
  • Kedagingan yang tidak dikendalikan, akan menjadi suatu Monster yang akan menelan diri kita sendiri. Ini mengerikan sekali. Kedagingan yang berfokus pada kekayaan, akan menelan dirinya sendiri. Bukan tidak boleh kaya, tetapi tidak boleh dikuasai oleh keinginan daging. Kumpulkanlah harta di Surga dengan harta benda kita.

Yakobus 1:10

dan orang kaya karena kedudukannya yang rendah sebab ia akan lenyap seperti bunga rumput. 

  • Orang kaya akan lenyap dingan kedudukannya yang rendah, ini karena dikuasai oleh kebendaan.
  • Jika kita bersyukur akan apa yang kita sudah terima dari Tuhan, maka kita akan merasa merdeka. 
  • Jemaat ditegur oleh Tuhan dalam kitab Wahyu, untuk bertobat dan tidak terikat pada kebendaan materi. 
  • Kita harus bertobat, jika kita masih terikat pada Mamon dan keinginan daging kita. 
  • Buka hati dan kita berdoa.

Amin. 

0 comments:

Posting Komentar