12 Mei 2024

12 Mei 2024



Happy Mother's Day

George Washington mengatakan ibunya banyak sekali berperan dalam keberhasilan hidupnya. 

Perempuan = Para Empuan = bahasa Jawa kuno

Kejadian 3:15 dalam Alkitab berbunyi, "Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya".

Lukas 18:8 Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?”

Nilai apa yang sudah kita tanamkan kepada anak kita..? Apakah jalan Tuhan atau apa? 

Matius 1:2-6

1:2 Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, 1:3 Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, 1:4 Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, 1:5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, 1:6 Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria,

Tiga orang perempuan yang spesial dibahas dalam Alkitab:

1. Tamar

Kejadian 38:1 Yehuda meninggalkan rumah Ayahnya Yakub. Ia bisa saja sedih karena menjual Yusuf adiknya. 

Ay. 2-5 Yehuda menikah dengan orang Kanaan. Punya 3 Orang anak. Anaknya jahat-jahat. Ini pengaruh ibunya. 

Ay.6 Tamar menjadi istri anaknya. 

Ay.7-8 Anaknya meninggal, dikawinkan dengan anaknya lagi.

Ay.9-11 Mati lagi. Yehuda  takut kawinkan lagi Tamar dengan anaknya ke 3. Seperti black widow.

Singkat cerita yang aneh, Tamar menyamar jadi pelacur. Sedang mabuk tidak sadar Yehuda tidur dengan Tamar. Sehingga akhirnya Tamar punya anak dari Yehuda. Ia cerdik menyimpan tongkat Yehuda. 

Yehuda akhirnya mengakui, "She is more righteous than I am".

1 Petrus 3:1

Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya,

Tamar seolah punya anak dengan tidak benar, tetapi yg ditulis sebagai keturunan Yehuda adalah anal Tamar. Di kemudian hari sebagai nenek moyang Tuhan Yesus. 

Yehuda belakangan hari juga adalah menjadi pemimpin yang besar, hingga Tuhan Yesus dijuluki, Dialah Singa dari Yehuda. 

Pilih lah istri yang baik dan takut akan Tuhan. 

2. Rahab

Yosua mengutus mata-mata ke Yerikho. Mereka bertemu dengan Rahab yang sebetulnya adalah Pelacur. Walaupun demikian Ia mengenal Allah dan tahu kedahsyatan Allah. Sehingga Ia menolong mereka menurunkan keluar tembok Yehuda. 

Singkat kata Yosua menyelamatkan Rahab dan seisi rumahnya agar tidak ditumpas oleh bangsa Israel yang menyerbu Yerikho. 

Iman melakukan sesuatu yang mengancam hidupnya. Rahab terancam jiwanya, jika ia ketahuan menolong mata-mata Israel. 

Mazmur 56:4-5

56:4 (56-5) kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku? 56:5 (56-6) Sepanjang hari mereka mengacaukan perkaraku; mereka senantiasa bermaksud jahat terhadap aku.

Rahab menyatakan imannya dengan perbuatan. Imannya bukan selfish, ia juga minta dilindungi oleh Yosua. Tali Kirmizi diikatkan di Jendela rumahnya, yang menyelamatkan mereka sekeluarga. 

3. Ruth 

Belajar Kasih dan Kesetiaan tanpa batas. 

Ruth ini perempuan Moab yang biasa saja. Ia hanya jatuh cinta dengan seorang Yahudi anak Naomi. Ternyata suaminya meninggal dunia, ayah mertua dan iparnya juga meninggal. Di daerah itu mereka sangat tergantung pada Pria. Otomatis mereka terlunta-lunta tanpa harapan. Hanya bersama dengan iparnya dan mertuanya Naomi. 

Naomi membebaskan mantu-mantu nya untuk kembali ke keluarganya masing-masing. Akan tetapi Ruth Setia kepada Ibu Mertuanya. Ruth tidak peduli bahwa Naomi tidak dalam keadaan yang bersukacita. Ia sadar Naomi sedang perlu dihibur. Ia menemani tanpa pamrih. 

Ruth dipertemukan dengan Boaz, dengan cara yang ajaib. Ketulusan Ruth berbuah kan hasil. Keturunannya adalah Tuhan Yesus. 

Kesetiaan itu sangat erat dengan pengorbanan. 

Seorang ibu berkorban bagi keluarga, seringkali tidak berbalas. 

Susana Wesley Ibu Dari John Wesley, punya 19 anak. Anaknya 9 meninggal. Rumahnya dua kali kebakaran, hampir John Wesley terbakar. Suaminya seringkali berhutang dan sering pergi. Susana suatu kali bersurat, "Saya seorang perempuan, bukan laki-laki dan hamba Tuhan. Meskipun tanggung Jawab ada padamu sebagai suami, saya tetap mengajak anak-anak kita untuk berbicara dengan satu persatu anak kita. 

Amin. 



0 comments:

Posting Komentar