07 April 2024

07 April 2024 




Image by Karen .t from Pixabay

Mengasihi Yesus lebih dari segalanya

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke 396

Yohanes 21:15-19

Gembalakanlah domba-domba-Ku

21:15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku." 21:16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku." 21:17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku. 21:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki." 21:19 Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: "Ikutlah Aku."

  • Yesus bangkit dan menampakkan berulang kali. Penampakan ke tiga kali, di danau Tiberias. Sesudah sarapan itu, Tuhan Yesus langsung berjumpa dengan Petrus, dan bercakap-cakap dengan Petrus. Pertanyaan Tuhan Yesus sangat membuat hati Petrus sedih. Petrus ditanya 3 kali pertanyaan yang itu-itu juga, "Apakah engkau mengasihi Aku?". 
  • Tantangan dari Tuhan Yesus ini juga dipertanyakan buat teman-teman Petrus, Pengikut-pengikut-Nya. Petrus ini adalah Leader. Ia unik, punya power dalam kepemimpinan.

Matius 10:37-42

10:37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. 10:38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku. 10:39 Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. 10:40 Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku. 10:41 Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar. 10:42 Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir sajapun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya."

  • Perkataan Tuhan ini dialami oleh orang-orang di Turki, banyak orang Kristen yang dikejar-kejar keluarganya, di intimidasi untuk meninggalkan Tuhan Yesus. Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. Firman ini betul terjadi di sana, juga di seluruh dunia.

  • Pertanyaan Tuhan Yesus kepada Petrus di atas, juga ditujukan kepada kita. Apakah kita mengasihi dunia ini lebih daripada mengasihi Tuhan? Bagaimana jawab kita?

  • Tawaran maupun bujuk rayu dunia ini juga bisa saja menarik dan sulit ditolak. Ada tawaran untuk tidak ke Gereja pada Minggu Pagi. Ada ajakan teman-teman untuk hang out bagi kita, untuk tidak hadir di persekutuan Sabtu sore. Tuhan tahu hati kita. Apakah kita mengasihi mereka lebih daripada Tuhan, atau tidak.

  • Adakalanya juga kita di intimidasi oleh dunia ini

Matius 18:21-22

Perumpamaan tentang pengampunan

18:21 Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" 18:22 Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

    • Tuhan Yesus mau menegaskan siapa yang mengasihi orang lain, harus mengasihi juga orang yang menyakiti hati kita. 

Matius 26:33-34

26:33 Petrus menjawab-Nya: "Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak." 26:34 Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali. "

    • Suatu ketika itu menjadi kenyataan. Petrus mengalami ketakutan dituduh pengikut Tuhan Yesus, persis seperti yang Tuhan Yesus katakan. 
    • Pertanyaan Tuhan Yesus yang ke tiga, "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?", terbukti. Ia menyangkal Tuhan Yesus tiga kali.

Ingatlah seringkali Tuhan Yesus sudah memberi peringatan pada kita, untuk berhati-hati, tetapi kita abaikan. Hari ini Tuhan mengingatkan kita lagi, untuk berhati-hati dengan sikap kita. Mungkin kita sekarang tulus mengiring Tuhan Yesus, tetapi ada iblis yang tidak senang akan hal itu, maka dari itu melekatlah pada Allah saja supaya dihindarkan dari segala serangan iblis pada kita.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar