14 April 2024

14 April 2024




Apakah Engkau Mengasihi Aku?


Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke 396

Yohanes 21:15-19

Gembalakanlah domba-domba-Ku

21:15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku." 21:16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku." 21:17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku. 21:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki." 21:19 Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: "Ikutlah Aku."

  • Penampakan ke-3 Tuhan Yesus setelah bangkit, di danau Tiberias. Tuhan Yesus langsung bercakap-cakap dengan Petrus. Ia ditanya, "Apakah engkau mengasihi Aku?" 

  • Pertanyaan ini sesungguhnya buat kita semua yang mendengar firman ini. Tuhan mempertanyakan hati kita, apakah kita mengasihi Tuhan Yesus? Mungkin kita mudah menjawab dengan mulut kita, tetapi hati kita tidak bisa berbohong.

  • Apakah kita mengasihi orang lain lebih dari Tuhan? Atau benar kita mengasihi Tuhan lebih dari segalanya? Ini perlu dibuktikan.

Matius 10:37-39

10:37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. 10:38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku. 10:39 Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

  • Betapa banyak orang yang diancam dibunuh karena mereka masuk Kristen. Mereka harus meninggalkan ayah ibu dan keluarganya. Kita harus bisa mengutamakan Tuhan. Ini pilihan yang berat. Kita akan terlunta-lunta tidak punya rumah, uang, keluarga hilang. Banyak orang yang tidak berani menanggung risiko ini.

  • Kristus sudah mengatakan ini sebelum pelayanan Petrus mulai. Selama itu Petrus masih mengiringi Tuhan Yesus tanpa rasa takut. Tetapi sudah saatnya Petrus berdiri sendiri dengan pertolongan Roh Kudus. 

  • Banyak orang yang tidak berani melakukan ini. Banyak orang tua yang juga tidak berani anaknya melayani Tuhan secara full time.

  • Betapa kita ini tidak pernah berani mengambil keputusan untuk melayani Tuhan secara full time, hanya karena takut tidak bisa makan. Padahal kalau kita ingat, Tuhan memelihara suku Lewi sebagai milik Pusaka Tuhan. tidak akan kekurangan apalagi kelaparan.

  • Mengapa Tuhan Yesus bertanya kepada Petrus sampai tiga kali? Apakah Ia ragu akan jawaban Petrus? Ia mengetahui hati Petrus. 

Matius 18:21-22

Perumpamaan tentang pengampunan

18:21 Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?18:22 Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

  • Tuhan Yesus ditanya Petrus berapa kali harus mengampuni orang lain. Tuhan Yesus menjawab: 70 kali 7 kali? Artinya ini menggambarkan kita tidak boleh membenci orang lain. Kita harus mengampuni orang lain tanpa batas.

  • Kita harus mengasihi orang lain dengan tulus, sampai Tuhan Yesus menjemput kita.

Matius 26:33-34

26:33 Petrus menjawab-Nya: "Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak." 26:34 Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."

  • Petrus takut dituduh sebagai pengikut Tuhan Yesus, ini sudah dinubuatkan Tuhan Yesus sebelumnya. Makanya Tuhan Yesus bertanya sampai tiga kali. Ia sedih karena ingat ia telah menyangkal Tuhan Yesus.

  • Di Indonesia ada anak Tuhan yang korupsi 271 Triliun. Ini lah fenomena harta duniawi. Ini sama dengan menyangkal Tuhan Yesus.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar