14 Maret 2024

14 Maret 2024



Image by frimufilms on Freepik

Tetap Bersemangat di tengah-tengah persoalan yang kita hadapi saat ini 

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke-384

Imamat 6:12-13

6:12 Api yang di atas mezbah itu harus dijaga supaya terus menyala, jangan dibiarkan padam. Tiap-tiap pagi imam harus menaruh kayu di atas mezbah, mengatur korban bakaran di atasnya dan membakar segala lemak korban keselamatan di sana. 6:13 Harus dijaga supaya api tetap menyala di atas mezbah, janganlah dibiarkan padam."

  • Kalimat firman Tuhan, seolah melaksanakannya mudah, tetapi di Israel pada zaman itu berada di padang gurun. Sulit sekali bersemangat. Api itu simbol kehadiran Allah.
  • Artinya bagi kita, di tengah-tengah persoalan yang kita hadapi, kita tetap harus punya "Api" kehadiran Allah dalam kehidupan kita yang percaya kepada-Nya. 
  • Kayu dan ternak bangsa Israel selama 40 tahun, tidak pernah habis. Di padang gurun, mencari pohon di mana? Tetapi itu lah Tuhan yang menyediakan semuanya.

Renungan:

1. Tetaplah berdoa 

Jangan menjauh dari Tuhan, sekalipun masalah masih kita alami. Meskipun sesulit apapun yang kita alami, jangan pernah menjauh dari Tuhan. Berdoa jangan putus. Terus berdoa kepada Tuhan. Jagalah api dengan berdoa kepada Tuhan.

Mazmur 32:6

Sebab itu hendaklah setiap orang saleh berdoa kepada-Mu, selagi Engkau dapat ditemui; sesungguhnya pada waktu banjir besar terjadi, itu tidak melandanya

2. Tetaplah mempersembahkan korban Syukur

1 Raja-raja 17:12

Perempuan itu menjawab: "Demi TUHAN, Allahmu, yang hidup, sesungguhnya tidak ada roti padaku sedikitpun, kecuali segenggam tepung dalam tempayan dan sedikit minyak dalam buli-buli. Dan sekarang aku sedang mengumpulkan dua tiga potong kayu api, kemudian aku mau pulang dan mengolahnya bagiku dan bagi anakku, dan setelah kami memakannya, maka kami akan mati ."

Ingat kisah Janda di Sarfat. Ia miskin papa. Nabi Elia minta dibuatkan roti. Ibu itu tetap membuat roti, demi utusan Allah. Ia akhirnya mendapatkan upahnya.

Mazmur 50:23-24 

23 Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku; siapa yang jujur jalannya, keselamatan yang dari Allah akan Kuperlihatkan kepadanya.

24 Sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Tepung dalam tempayan itu tidak akan habis dan minyak dalam buli-buli itupun tidak akan berkurang sampai pada waktu TUHAN memberi hujan ke atas muka bumi."

3. Jangan persembahkan Api asing 

Jangan menghadapi dunia ini dengan cara dunia. Api Asing adalah kepercayaan yang asing bagi Allah.  Datanglah kepada Allah, 

Bilangan 26:61

Tetapi Nadab dan Abihu mati, ketika mereka mempersembahkan persembahan api yang asing ke hadapan TUHAN. 

Jika kita tetap menjaga api kita menyala di hadapan Allah, diibaratkan bangsa Israel yang sekalipun berjalan di padang gurun selama 40 tahun, kasut mereka pun tidak rusak. Ini bukti bahwa Tuhan menjaga penghidupan mereka. 

Sekalipun mungkin kehidupan kita tidak menyenangkan di dunia ini, tetaplah bersemangat dalam mengiring Tuhan, karena sesungguhnya Ia menyertai kita dan mencukupi segala kebutuhan kita.

Ulangan 29:5

Empat puluh tahun lamanya Aku memimpin kamu berjalan melalui padang gurun; pakaianmu tidak menjadi rusak di tubuhmu, dan kasutmu tidak menjadi rusak di kakimu. 

Amin

0 comments:

Posting Komentar