23 Maret 2024

23 Maret 2024


Image by vladimircech on Freepik

Status baru orang percaya

Jadi jika kita lihat singa, bukan karena ia makan daging, makanya ia adalah binatang buas. Singa makan tahu tempe pun ia tetap binatang buas. Ia memang binatang buas yang memakan daging.

Orang berdosa itu bukan karena ia berbuat dosa. Ia berbuat baik pun, tetap orang berdosa. Jadi orang tidak akan bisa berubah jadi orang benar, jika ia berbuat baik. 

Kristus mati di Kayu salib, darah-Nya mengalir membersihkan dosa umat manusia. Setiap orang yang mau menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya, darah Kristus akan mengalir di dalam hidupnya, membersihkan dari dosa. Mengangkatnya dari lumpur dosa dan memberi pakaian putih bersih, yaitu dilahirkan baru menjadi orang yang baru. Kalau tadinya kita berjalan menuju maut, sekarang ia berjalan menuju Kerajaan Allah.

Setiap orang percaya yang berjalan di "Jalan Lurus Tuhan", pasti juga akan mengalami pencobaan dan ujian, yang bisa menyebabkan perjalanan itu menakutkan atau mengerikan. Akan tetapi indahnya berjalan dalam Kristus, adalah bahwa kita tidak dibiarkan sendirian. Kita selalu mempunyai Penolong Yang Agung, yaitu Roh Kudus, yaitu Roh Allah sendiri. 

Roh Kudus selalu siap membimbing orang yang mau hidup semakin hari semakin menjadi sempurna seperti Rancangan Allah yang semula. Roh Kudus lah yang memampukan setiap orang  untuk dapat memenuhi syarat minimum dijadikan "Mempelai" Kristus.

1 Petrus 3:8-12

Kasih dan damai

3:8 Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati, 3:9 dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab: 3:10 "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. 3:11 Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya. 3:12 Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat."

Target Tuhan kita jadi orang benar, orang Kudus, orang sempurna dan mempelai yang tidak bercacat cela. Tapi bagaimana mungkin kita bisa begitu?

Jangan salah. Kita bisa begitu:

1. Jika kita berjalan dengan kuasa Roh Kudus.

  • Roh Kudus selalu mengingatkan, membimbing kita menuju jalan yang benar terus. Kita bahkan ditegur dan dipukul jika kita nakal.
  • Roh Kudus mengajar kita untuk masuk ke dalam seluruh kehendak Allah. Asalkan kita mau.
  • Roh Kudus adalah Roh yang menuntun kita. Kita dibimbing dalam kesabaran, menuju kemenangan.
  • Kita harus terus berjalan dengan kuasa Roh Kudus, tidak boleh kita berjalan sendirian.
  • Roh Kudus juga menghibur kita.
2. Jika kita hidup dalam Firman Tuhan
  • Melalui firman Tuhan yang menerangi jalan di depan kita. Allah akan memberikan petunjuk, pedoman, manual di dalam firman-Nya.
3. Jika kita melekat pada Tuhan Yesus Kristus
  • Jika kita bersatu dengan Kristus.
  • Mencintai Tuhan, tidak serta merta melekat dengan Tuhan Yesus
4. Jika kita mau menerima pengampunan Allah
  • Mungkin kita memang bisa jatuh. Kita lemah tapi jangan berbaring dan kalah. Bangkit dari segala kejahatan kita. Mintalah ampun pada Allah, ia akan menyucikan dosa kita. 
Jangan mencintai Tuhan, tetapi tidak melakukan firman-Nya. Kita harus taat.

Amin

0 comments:

Posting Komentar