10 Maret 2024

10 Maret 2024

PJO by Video Life Streaming

Shout of Praise = Memuji dengan bersorak-sorai

EVEN IF

Kebaktian seringkali dihadiri oleh orang yang tidak serius mengikuti kebaktian, apalagi menyembah Tuhan secara sungguh-sungguh.

Kesaksian PJO tentang Ps. Hanna yang pingsan. Waktu ia bangun, ia cerita dibawa pergi ke Surga. Ia melihat Surga yang begitu megah dan semuanya sangat menyenangkan. Pujian yang sangat indah.

Allah sedang mencari orang yang adalah penyembah sejati (true worshipper).

Yosua 6:1-8 (TB)

1 Dalam pada itu Yerikho telah menutup pintu gerbangnya; telah tertutup kota itu karena orang Israel; tidak ada orang keluar atau masuk.2 Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa. 3 Haruslah kamu mengelilingi kota itu, yakni semua prajurit harus mengedari kota itu sekali saja; demikianlah harus engkau perbuat enam hari lamanya, 4 dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut. Tetapi pada hari yang ketujuh, tujuh kali kamu harus mengelilingi kota itu sedang para imam meniup sangkakala.5 Apabila sangkakala tanduk domba itu panjang bunyinya dan kamu mendengar bunyi sangkakala itu, maka haruslah seluruh bangsa bersorak dengan sorak yang nyaring, maka tembok kota itu akan runtuh, lalu bangsa itu harus memanjatnya, masing-masing langsung ke depan." 6 Kemudian Yosua bin Nun memanggil para imam dan berkata kepada mereka: "Angkatlah tabut perjanjian itu dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut TUHAN." 7 Dan kepada bangsa itu dikatakannya: "Majulah, kelilingilah kota itu, dan orang-orang bersenjata harus berjalan di depan tabut TUHAN." 8 Segera sesudah Yosua berkata kepada bangsa itu, maka berjalanlah maju ketujuh orang imam, yang membawa ketujuh sangkakala tanduk domba itu di hadapan TUHAN, lalu mereka meniup sangkakala, sedang tabut perjanjian TUHAN mengikut mereka.

Lihatlah pasukan Yosua yang dengan penuh semangat, memuji Tuhan dengan sorak sorai meriah. Mereka memuji selama 8 jam sehari, 6x seminggu dan 7x hari ke tujuh. Mereka akhirnya menang, tembok itu rubuh. 

Orang zaman ini, memuji Tuhan sebentar saja sudah merasa capek. Tentu saja 'tembok Yerikho' kita tidak pernah rubuh. Bagaimana mungkin rubuh kalau memuji Tuhan saja tidak mau serius dan berkorban..?

Pujian adalah 'senjata' yang paling ampuh mengalahkan stress kita sehari-hari. Shout of Praise itu bukan kalau saya sedang sulit, namun walaupun. Artinya, kita memuji Tuhan walaupun janji Tuhan belum digenapi. Percayalah walaupun belum melihat. 

Seringkali kita dibawa d 685,000 alam posisi seperti Yoshua. Di depan kita ada tembok yang sangat tinggi dan tidak dapat dipanjat. Di saat ini logika kita tidak bisa bekerja lagi. Apapun yang bisa kita upayakan, terasa tidak ada gunanya. 

Yoshua mengalami journey with God:

1. Lembah akhor - penghukuman Akhan, Allah mau menyucikan bangsa Israel. 

Yosua 7:24-26 (TB) 

2. Gilgal - di lembah ini Allah menyatakan bahwa bangsa Israel dihapuskan cela nya di mata TUHAN.

Yosua 5:9 (TB) 

Yosua mengingat kesetiaan Allah yang ingin bangsa Israel bisa menang, namun harus disucikan terlebih dahulu. Kita juga jangan sampai melupakan pekerjaan Tuhan dalam kehidupan kita.

Hari ke-7 menggambarkan hari Sabat. Angka 7(tujuh) adalah angkanya Tuhan. Pada hari itu, pasukan Yosua harus mengelilingi 7 kali.

Yosua 6:4-5, 6:16

Tuhan menyerahkan bangsa asing itu kepada Tuhan.

Amygdala = sensor pada tubuh yg mengatur behavior. Ini yang dipengaruhi oleh pujian yang dinaikkan. 

Pujilah Tuhan sekalipun perjalanan kita, belum terlihat ujungnya masih jauh atau sudah dekat. 

Amin

0 comments:

Posting Komentar