03 Maret 2024

03 Maret 2024

My Encounter (Suatu Perjumpaan dengan Yesus) 

Empat tahun yang lalu, Pandemi melanda dunia. Tuhan tidak meninggalkan kita. Hari ini karena kita diselamatkan Tuhan melalui Pandemi itu, maka kita bersyukur akan kebaikan Tuhan

Alive in calling series:

  1. Januari 2024: Next Chapter - Berdoa dan Puasa
  2. Februari 2024: Take a Stand - tetap teguh pada panggilan kita. 
  3. Maret 2024 - Shout of Praise - Perjalanan meriah kemenangan dalam Pujian. 
- Take a Stand - memilih posisi kita.

My Encounter
Banyak orang yang berjumpa dengan Yesus maka ia akan menunjukkan diri-Nya bagi mereka.
Bagaimana kita bisa memuji pribadi yang tidak pernah kita jumpai dan kenali. 

Yosua 5:13-15 (TB)
13 Ketika Yosua dekat Yerikho, ia melayangkan pandangnya, dilihatnya seorang laki-laki berdiri di depannya dengan pedang terhunus di tangannya. Yosua mendekatinya dan bertanya kepadanya: "Kawankah engkau atau lawan?" 
14 Jawabnya: "Bukan, tetapi akulah Panglima Balatentara TUHAN. Sekarang aku datang." Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah dan berkata kepadanya: "Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?"
15 Dan Panglima Balatentara TUHAN itu berkata kepada Yosua: "Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat engkau berdiri itu kudus." Dan Yosua berbuat demikian.

Sebelum perjumpaan Yosua dengan 
Malaikat:
a. Yos 5:1 Musuh takut.
b. 2-8 Peristiwa Sunat
c. 9 Di Gilgal
d. 10 Paskah 
e. 11-12 Manna Berhenti

Yosua 5:13-14 (TB)

13 Ketika Yosua dekat Yerikho, ia melayangkan pandangnya, dilihatnya seorang laki-laki berdiri di depannya dengan pedang terhunus di tangannya. Yosua mendekatinya dan bertanya kepadanya: "Kawankah engkau atau lawan?" 14 Jawabnya: "Bukan, tetapi akulah Panglima Balatentara TUHAN. Sekarang aku datang." Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah dan berkata kepadanya: "Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?"

Yosua berjumpa dengan seseorang. Padahal ia mengalami perjumpaan dengan Tuhan sendiri. 
Theofany = Perjumpaan dengan Allah. 
Mungkin Yosua berfikir ia Kawan atau Lawan? 
Yosua diajar untuk:
- Berfikir Vertikal - Melihat apa yang Tuhan lihat, bukan yang manusia lihat. 
- Berfikir Horizontal: Yosua sudah banyak mengalahkan musuh. Ia adalah tentara terbaik Musa. 

Yosua pernah melawan Yerikho yang dahsyat, ia menang. Akan tetapi melawan bangsa AI ia kalah. Mengapa? Ada yg salah di sana. 

Sachah = Proskuneo = Menyembah hingga sujud. Ini ungkapan kasih kepada Allah. Memuji Allah. 

Mengapa memuji? 

Mengagumi Allah karena perjumpaan pribadi dengan Allah. 

Qadesh = Tempat Kudus 
Hati manusia bisa menjadi tempat Kudus dan tempat Allah bersemayam. 

Mzm 47 - Kumpulan Puji-pujian 

Perjumpaan 

Yohanes 4:19-26 (TB)

19 Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, nyata sekarang padaku, bahwa Engkau seorang nabi. 20 Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini, tetapi kamu katakan, bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah." 21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem. 22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. 23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian .24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." 25 Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami." 26 Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."

Perjalanan dari Yudea ke Samaria



0 comments:

Posting Komentar