26 Maret 2024

26 Maret 2024







Menjaga berkat Abraham

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke-390

Matius 22:31-33

22:31 Tetapi tentang kebangkitan orang-orang mati tidakkah kamu baca apa yang difirmankan Allah, ketika Ia bersabda: 22:32 Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub? Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup." 22:33 Orang banyak yang mendengar itu takjub akan pengajaran-Nya.

Iman yang diwariskan oleh para tokoh Alkitab itu, masih hidup hingga saat itu. Akan tetapi bagaimana para ahli Taurat dan Farisi itu tidak melakukan apa yang mereka khotbahkan. Yohanes Pembaptis dalam Injil Matius menegur keras mereka yang hidup munafik.  

Matius 3:9

Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!

Berkat Abarham, Ishak dan Yakub bisa sampai kepada kita:

1. Tinggalkan Zona Nyaman 

Kejadian 12:1-2

Abram dipanggil Allah

12:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 12:2 Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.

Ur kasdim itu negara kaya raya. Abraham sudah jadi orang kaya raya di sana. Akan tetapi Tuhan Allah mau Abraham meninggalkan segala kenyamanan yang ada.

Bahaya sekali kalau kita tinggal di zona nyaman, kita tidak bisa melihat salib yang harus kita pikul. Zona nyaman kita apa? Kemapanan, kenyamanan, uang berlimpah, bisnis jalan dengan baik, kalau kita berhenti menikmati hidup di zona tersebut, perlahan-lahan kita akan diikat oleh kedagingan.

2. Menghasilkan buah pertobatan

Sebagai orang percaya, setiap orang harus menghasilkan buah pertobatan.

Lukas 3:8

Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Dan janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini! 

Kalau kita mengaku sebagai anak Tuhan, tetapi kita tidak pernah menghasilkan buah, maka kehidupan kita sia-sia dan kita tidak termasuk orang Kristen. Ciri khas orang Kristen, kehidupan kita berdampak dan melalui kita orang

3. Lepas dari belenggu dosa

Lukas 13:16

  • Bukankah perempuan ini, yang sudah delapan belas tahun diikat oleh Iblis, harus dilepaskan dari ikatannya itu, karena ia adalah keturunan Abraham?"

  • Jika mau ikut Kristus, tetapi masih terikat pada dosa, maka kita tidak bisa disebut keturunan Abraham.
  • Kristus disebut dalam Injil Matius, dalam silsilah disebutkan, Yesus Anak Abraham, Anak Daud. Jika kita hidup bebas dari belenggu dosa, maka kita disebut anak Abraham.

Hari ini kalau kita tidak pernah menghidupkan iman Abraham, kalau kita hidup di zona nyaman, kita harus berbuah dan jangan ada ikatan belenggu dosa yang mengikat hidup kita, maka berkat Abraham tidak akan pernah turun kepada kita.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar