02 Maret 2024

02 Maret 2024



Image by freepik

Kejujuran

Orang yang jujur mulai langka. Keluarga, Gereja, Yayasan Sosial, Persahabatan, Pekerjaan di kantor, mulai hancur karena ketidakjujuran. Orang saling membohongi dan saling tidak percaya.

Mengapa kita harus buang dusta:

1. Orang yang suka berdusta, berkat Tuhan akan menjauh

  • Orang bisa kaya raya, padahal menipu dan membohongi orang. Awalnya ia kaya, tetapi akhirnya dalam kehancuran. Berkat Tuhan adalah kebahagiaan yang kekal.

2. Orang yang suka berdusta, akan mudah jatuh

  • Orang yang menipu dan berdusta, hidupnya akan jatuh dan sakit. Sebaliknya orang yang jujur akan berbuah damai sejahtera.

3. Orang yang berdusta, menjadi batu sandungan orang lain

  • Orang yang sudah melayani dengan aktif akan menjadi batu sandungan jika ia suka berdusta. orang seperti ini curang dan berdusta. 

4. Orang yang berdusta akan dipermalukan

  • Tuhan sangat dekat dengan orang jujur, orang ini akan dipelihara Tuhan. Allah juga akan memuliakan kehidupan orang juur.
  • Sebaliknya penipu dan pendusta akan menderita dipermalukan.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8
Program ke 
"Kejujuran"

Kejadian 42:29-38

42:29 Ketika mereka sampai kepada Yakub, ayah mereka, di tanah Kanaan, mereka menceritakan segala sesuatu yang dialaminya, katanya: 42:30 "Orang itu, yakni yang menjadi tuan atas negeri itu, telah menegor kami dengan membentak dan memperlakukan kami sebagai pengintai negeri itu. 42:31 Tetapi kata kami kepadanya: Kami orang jujur, kami bukan pengintai. 42:32 Kami dua belas orang bersaudara, anak-anak ayah kami; seorang sudah tidak ada lagi, dan yang bungsu ada sekarang pada ayah kami, di tanah Kanaan. 42:33 Lalu kata orang itu, yakni yang menjadi tuan atas negeri itu, kepada kami: Dari hal ini aku akan tahu, apakah kamu orang jujur: dari kamu bersaudara haruslah kamu tinggalkan seorang padaku; kemudian bawalah gandum untuk meredakan lapar seisi rumahmu dan pergilah; 42:34 lalu bawalah kepadaku saudaramu yang bungsu itu, maka aku akan tahu, bahwa kamu bukan pengintai, tetapi orang jujur; dan aku akan mengembalikan saudaramu itu kepadamu, dan bolehlah kamu menjalani negeri ini dengan bebas." 42:35 Ketika mereka mengosongkan karungnya, tampaklah ada pundi-pundi uang masing-masing dalam karungnya; dan ketika mereka beserta ayah mereka melihat pundi-pundi uang itu, ketakutanlah mereka. 42:36 Dan Yakub, ayah mereka, berkata kepadanya: "Kamu membuat aku kehilangan anak-anakku: Yusuf tidak ada lagi, dan Simeon tidak ada lagi, sekarang Benyaminpun hendak kamu bawa juga. Aku inilah yang menanggung segala-galanya itu!" 42:37 Lalu berkatalah Ruben kepada ayahnya: "Kedua anakku laki-laki boleh engkau bunuh, jika ia tidak kubawa kepadamu; serahkanlah dia ke dalam tanganku, maka dia akan kubawa kembali kepadamu." 42:38 Tetapi jawabnya: "Anakku itu tidak akan pergi ke sana bersama-sama dengan kamu, sebab kakaknya telah mati dan hanya dialah yang tinggal; jika dia ditimpa kecelakaan di jalan yang akan kamu tempuh, maka tentulah kamu akan menyebabkan aku yang ubanan ini turun ke dunia orang mati karena dukacita."

Jangan pernah tidak jujur. Dari kecil, seseorang harus dididik kejujuran. 

Janji Tuhan terhadap orang yang Jujur:

1. Orang itu akan disukai dan diberkati orang lain

  • Orang yang dusta, sementara mungkin ia aman, tetapi pada waktunya, ia akan dihujat dan dihina. Banyak orang pintar bicara. Perkataannya rekayasa.
  • Ini saatnya kita diingatkan firman, harus jujur.

2. Membangun rasa percaya orang lain

  • Dalam kehidupan kita, kepercayaan orang lain itu harus dibangun. Kepercayaan Allah juga harus kita perjuangkan dengan sungguh-sungguh. Allah akan mencurahkan berkat nya buat orang yang jujur dan bisa dipercaya.

3. Kemenangan dan keberhasilan menyertai orang jujur

  • Kemajuan yang berarti akan dialami orang yang jujur. Ia mungkin terlihat tidak berhasil sementara waktu, tetapi pada akhirnya akan dibela Tuhan.

4. Orang dusta akan memecah belah orang

  • Roh kejahatan yang menyertai orang dusta, adalah roh yang dengan mudah memecah belah orang yang satu dengan yang lainnya. Orang ini hidupnya sangat tidak tenang dan tidak bermanfaat bagi orang lain.
  • Sesungguhnya orang seperti ini sangat rindu dilepaskan oleh Tuhan Yesus.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar