21 Maret 2024

21 Maret 2024




Image by pikisuperstar on Freepik

Makna Perjamuan Suci 

Kebanggaan kita sebagai anak Allah kita boleh makan sehidangan dalam Pesta Perjamuan Anak Domba. Apa artinya itu? Segala sesuatu sudah dinyatakan oleh Perjamuan Suci di bumi ini, adalah gambaran di Surga.

Masing-masing Gereja berbeda-beda caranya, ada yang Hari Besar saja, ada yang tiap bulan dan ada yang tiap hari Minggu. Ada yang sudah dibaptis boleh ambil perjamuan, ada Gereja yang tidak mengizinkan. 

Semuanya itu adalah adat istiadat Gereja, tetapi isi utama dari Perjamuan Suci harus kita pahami.

Lukas 22:7-13

Persiapan untuk makan Paskah

22:7 Maka tibalah hari raya Roti Tidak Beragi, yaitu hari di mana orang harus menyembelih domba Paskah. 22:8 Lalu Yesus menyuruh Petrus dan Yohanes, kata-Nya: "Pergilah, persiapkanlah perjamuan Paskah bagi kita supaya kita makan." 22:9 Kata mereka kepada-Nya: "Di manakah Engkau kehendaki kami mempersiapkannya?" 22:10 Jawab-Nya: "Apabila kamu masuk ke dalam kota, kamu akan bertemu dengan seorang yang membawa kendi berisi air. Ikutilah dia ke dalam rumah yang dimasukinya, 22:11 dan katakanlah kepada tuan rumah itu: Guru bertanya kepadamu: di manakah ruangan tempat Aku bersama-sama dengan murid-murid-Ku akan makan Paskah? 22:12 Lalu orang itu akan menunjukkan kepadamu sebuah ruangan atas yang besar yang sudah lengkap, di situlah kamu harus mempersiapkannya." 22:13 Maka berangkatlah mereka dan mereka mendapati semua seperti yang dikatakan Yesus kepada mereka. Lalu mereka mempersiapkan Paskah 

Perjamuan Suci bagi Tuhan Yesus:

1. Pesta yang sangat penting 

  • Ay.8 Tiap malam ada perjamuan malam, Tuhan Yesus makan bersama murid-murid-Nya, tetapi berbeda dengan perjamuan Suci.
  • Dalam Perjamuan Suci kita mengingat karya Agung Tuhan Yesus di dunia ini dan bagi kehidupan kita. Dalam Pesta Perjamuan Suci, kita mengingat apa yang sudah Tuhan lakukan dan menjadi satu dengan Kristus, hingga kita bisa mengatakan, "Hidupku bukan aku lagi, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku."
  • Perjamuan suci jangan sampai hanya upacara biasa saja, tetapi harus khusus diadakan. 

2. Tuhan Yesus tetap harus menjadi sentral acaranya

  • Tuhan Yesus menjelaskan semua kegiatan acara Perjamuan Suci itu, makanya Ia harus menjadi sentral acara tersebut. Karena semenjak perjamuan suci itu, ada kegiatan yang harus dilakukan setelah itu. 
  • Ada yang dituntut dari kita semenjak kita mengambil perjamuan suci, yaitu Kesucian Hidup. Orang yang mengambil perjamuan suci, harus memperbaiki hidupnya, menjadi kehidupan dalam kebenaran.
  • Khawatir dan bimbang tidak boleh ada lagi, setelah kita mengambil perjamuan

3. Saat kita menghadapi segala perkara dalam hidup ini

  • Semua yang terjadi di masa yang akan datang, kita peroleh kekuatan baru dengan perjamuan suci. Kita diingatkan akan ada pesta perjamuan kawin anak domba.
  • Jika kita menghadapi persoalan dan pencobaan, karena sudah mengambil bagian dalam perjamuan suci Allah.
  • Perjamuan suci itu saat kita siap menghadapi segala perkara dengan kekuatan dari Allah saja.

Amin 

0 comments:

Posting Komentar