07 Maret 2024

07 Maret 2024


Komitmen 

Mukjizat itu Nyata Episode ke-315 - RPK FM

Kesetiaan Nuh

Kejadian 6:1-3

Kejahatan manusia

6:1 Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan, 6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka. 6:3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja." 

Ps. Apius sedang ada di Irak, melayani Kaum Kedar yang 100% bukan orang Kristen. Negara Jendela 10-40, jumlah Kristen <10%. Penabur dan penuai sama-sama mendapat upah.

Roh Allah tidak akan selamanya di dalam manusia, umur manusia hanya 120 tahun. Kenapa manusia umurnya ada yang lebih dari 120 tahun? Allah memberi kesempatan yang besar bagi manusia untuk waktu bertobat. 

Ps.Apius bisa naik ke gunung yang paling tinggi di Irak. Bahtera Nuh dibangun di atas gunung yang tinggi sekali. Gunung itu terkenal suhu sangat dingin.

Nuh membangun di Irak dan kandas di Turki. Sepertinya ada hal yang Tuhan mau ajarkan bagi kita dengan hal itu.

Tuhan perintahkan Nuh membangun Bahtera 120 tahun. Suhu yang sangat ekstrim, bagaimana Nuh selama 120 tahun terus bekerja untuk Tuhan. Nuh terus bekerja tidak mengeluh. Biaya pembuatan Bahtera itu juga sangat besar. Tentu keluarganya juga terganggu dan bisa jadi mereka juga meragukan ide 'gila'nya itu. Tapi Nuh terus bertahan hingga air bah betul betul datang. 

Zaman sekarang, orang Kristen mau ikut Tuhan, tapi mudah tersinggung. Ditegur pendeta maka pindah Gereja. Kita tidak mau belajar dibentuk menjadi dewasa di dalam dunia ini. Belajarlah dari Nuh yang bertahan di tengah situasi yang tidak menguntungkan.

Jangan lagi bermain-main dengan dosa dan suka dengan dunia beserta tipu muslihatnya.

Apa yang membuat Nuh bisa bertahan:

1. Didikan orangtuanya yang dalam lingkungan firman Tuhan

Henokh adalah kakek buyut Nuh. Ia orang yang takut akan Tuhan dan diangkat Tuhan ke Surga. Lamekh ayah Nuh juga orang yang takut akan Tuhan. Nuh dididik dalam lingkungan orang yang takut akan Tuhan.

2. Komitmen

Nuh selama 120 tahun tetap bertahan menyembah dan bergaul karib dengan Allah. Hubungannya baik dan ia memegang komitmen pada Allah.

Banyak orang beribadah kepada Allah, tapi hidupnya tidak mengasihi orang lain.

Banyak juga orang yang melayani Tuhan, tapi hidupnya kotor dalam dosa. Ini yang menghancurkan komitmen kepada Allah.

Bangkitlah dan jangan hidup dengan cara yang lama, buatlah bahtera dalam dirimu. Kristus sebentar lagi datang, kalau Ia datang, Ia akan mencari orang yang punya komitmen. Minta ampun pada Allah, bangkitlah.

Amin 

0 comments:

Posting Komentar