29 Maret 2024

29 Maret 2024 



Jumat Agung

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke 392

Matius 26:36-39

Di taman Getsemani

26:36 Maka sampailah Yesus bersama-sama murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Duduklah di sini, sementara Aku pergi ke sana untuk berdoa." 26:37 Dan Ia membawa Petrus dan kedua anak Zebedeus serta-Nya. Maka mulailah Ia merasa sedih dan gentar, 26:38 lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku." 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki ."

Getsemani = Tempat perasan minyak. Ini adalah tempat favorit Tuhan Yesus untuk berdoa. Di situ Tuhan Yesus berdoa kepada Allah Bapa, menjelang penyalibannya. Ia tahu bahwa sudah tiba saatnya Ia memikul salibnya. Demikianlah Tuhan Yesus telah mengajarkan murid-murid-Nya untuk memikul salib mereka sendiri.

Matius 10:38

Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku. 

Tuhan Yesus menyadari betapa berat penderitaan yang akan ia tanggung. Tetapi ia terus berjuang hingga selesai semuanya. Ini artinya kasih dan cinta-Nya buat umat manusia tidak terukur.

Mengapa Tuhan Yesus harus mati buat menebus kita?

1. Allah sedang menggenapi janji-Nya

Kejadian 3:14-15

3:14 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu. 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

  • Allah menggenapi janji-Nya, yaitu menghancurkan iblis. Jadi karya Tuhan itu besar. 

2. Allah menyelamatkan umat manusia dari maut 

Roma 3:23

Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

Roma 6:23

Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. 

  • Allah tidak mau satupun ciptaan-Nya mati di dalam Neraka. 
  • Anak kita tidak pernah kita ajari berbohong, tetapi ia mudah sekali berbohong. Itu karena akar dosa di dalam kedagingan kita. Mudah sekali kita berdosa. 

Yohanes 12:24

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.

Tuhan Yesus memahami keberadaan kita yang lemah. Ia pernah menjadi sama dengan kita. Ia tahu sekali betapa kita mudah sekali jatuh. Jadi jangan mau terpuruk di dalam dosa. Bangkitlah, pandanglah Allah kita. Bertobatlah dan berbalik lah dari jalan yang jahat. 

Hari ini Tuhan Yesus datang bagi kita, tidak ada kata-kata sia-sia. Kita harus bertobat. Ia sudah mengorbankan nyawa-Nya. Kematian-Nya membuktikan cinta-Nya bagi kita.

Hari ini maukah kita membuka hati kita buat-Nya? 

Amin

0 comments:

Posting Komentar