25 Maret 2024

25 Maret 2024



Image by freepik

Jangan melupakan Tuhan!! 


Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke-389

Ulangan 6:10-12

6:10 Maka apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau masuk ke negeri yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepadamu--kota-kota yang besar dan baik, yang tidak kaudirikan; 6:11 rumah-rumah, penuh berisi berbagai-bagai barang baik, yang tidak kauisi; sumur-sumur yang tidak kaugali; kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun, yang tidak kautanami--dan apabila engkau sudah makan dan menjadi kenyang, 6:12 maka berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.

Berhati-hatilah, supaya jangan melupakan Tuhan!!

Memang manusia ini mudah sekali melupakan segala perbuatan Tuhan baginya. Apa yang menyebabkan manusia mudah jatuh dalam dosa?

Ingatlah kejadian Adam dan Hawa yang dilarang Tuhan memakan buah Pohon Pengetahuan baik dan jahat. Akhirnya Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa. Mengapa?

Mereka lupa akan Tuhan!!

Apakah di antara kita ada yang sedang jatuh ke dalam dosa? Ingatlah ayat di atas.

Apa yang membuat kita mudah berbuat berdosa:

1. Kita selalu berada di zona nyaman

  • Ketika berada di zona nyaman, kita mendapat peringatan Tuhan, "Berhati-hatilah!!".
  • Zona nyaman yaitu kekayaan, jabatan, ketampanan, kehebatan, dll. Seringkali menyebabkan kita lengah dan tidak bisa melihat musuh yang mengancam.
  • Mzm 62:10 (62-11) Janganlah percaya kepada pemerasan, janganlah menaruh harap yang sia-sia kepada perampasan; apabila harta makin bertambah, janganlah hatimu melekat padanya.
  • Ingatlah kisah orang muda yang kaya raya, ia terikat dengan hartanya. Ia tidak mau melepaskan seluruh hartanya demi mendapatkan Tuhan Yesus. Ia merasa sudah melakukan seluruh hukum Taurat, tetapi ia masih terikat harta. Hartanya sesungguhnya hanya akan ditinggal di bumi ini. Ia tidak tahu berapa lama lagi ia hidup. Kesempatan yang diberikan Tuhan Yesus, dilewatkan begitu saja. 
  • Tuhan Yesus berfirman Lukas 12:15: Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan 1 , sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu."  
2. Kita mulai lagi mengandalkan dan bergantung kepada Tuhan 

Yeremia 17:7-8

17:7 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! 17:8 Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

  • Banyak manusia yang mulai mengandalkan dirinya sendiri, mengandalkan uang, mengandalkan orang lain dsb, sehingga tidak lagi berharap pada Tuhan. 
  • Jangan kita sekali-kali seperti itu. Kita wajib mengandalkan Tuhan dalam segala hal yang kita lakukan. Apapun jabatan kita, seberapa kayanya kita, tidak ada satupun yang bisa menyelamatkan kita dari maut, hanya Tuhan Yesus saja!
  • Mulai sekarang kita harus berharap hanya kepada Tuhan Yesus. Hanya di dalam-Nya saya kita bisa beroleh kelepasan dan pertolongan.

Amin.



0 comments:

Posting Komentar