12 Februari 2024

12 Februari 2024



Foto oleh Anna Shvets

"Tanggung jawab anak Tuhan"

Tanggung jawab Kristen:

1. Menjadi Terang dunia
  • Setelah kita diselamatkan, kita harus menerangi dunia yang gelap. Orang tidak tahu berbuat kejahatan dilihat orang lain. Orang melakukan kemesuman di tengah umum.
  • Orang Kristen harus bisa memberikan teladan perbuatan yang benar.
2. Menjadi Garam dunia
  • Orang Kristen sudah rajin ke Gereja, tetapi perbuatannya busuk. Orang benar harus menjadi Garam yang mencegah kebusukan.
  • Orang Kristen juga harus memberikan rasa yang nikmat bagi dunia yang sudah pahit ini. Orang yang sudah mulai putus asa, bisa diberi harapan baru.
3. Membawa Damai Sejahtera Surgawi 
  • Di mana pun kita berada harus ada Suasana Surgawi. Orang yang berada di dekat kita, akan merasa sukacita dan damai sejahtera dari Kristus. 
4. Menegakkan Kerajaan Allah
  • Senantiasa kita bersaksi apa yang kita alami, kita mendukung pelayanan Tuhan, menopang pekerjaan Tuhan. Kerajaan Allah diperluas di dunia ini. 

Daniel 2:10-18

2:10 Para Kasdim itu menjawab raja: "Tidak ada seorangpun di muka bumi yang dapat memberitahukan apa yang diminta tuanku raja! Dan tidak pernah seorang raja, bagaimanapun agungnya dan besar kuasanya, telah meminta hal sedemikian dari seorang berilmu atau seorang ahli jampi atau seorang Kasdim. 2:11 Apa yang diminta tuanku raja adalah terlalu berat, dan tidak ada seorangpun yang dapat memberitahukannya kepada tuanku raja, selain dari dewa-dewa yang tidak berdiam di antara manusia." 2:12 Maka raja menjadi sangat geram dan murka karena hal itu, lalu dititahkannyalah untuk melenyapkan semua orang bijaksana di Babel. 2:13 Ketika titah dikeluarkan supaya orang-orang bijaksana dibunuh, maka Daniel dan teman-temannyapun terancam akan dibunuh. 2:14 Lalu berkatalah Daniel dengan cerdik dan bijaksana kepada Ariokh, pemimpin pengawal raja yang telah pergi untuk membunuh orang-orang bijaksana di Babel itu, 2:15 katanya kepada Ariokh, pembesar raja itu: "Mengapa titah yang begitu keras ini dikeluarkan oleh raja?" Lalu Ariokh memberitahukan hal itu kepada Daniel. 2:16 Maka Daniel menghadap raja dan meminta kepadanya, supaya ia diberi waktu untuk memberitahukan makna itu kepada raja. 2:17 Kemudian pulanglah Daniel dan memberitahukan hal itu kepada Hananya, Misael dan Azarya, teman-temannya, 2:18 dengan maksud supaya mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu, supaya Daniel dan teman-temannya jangan dilenyapkan bersama-sama orang-orang bijaksana yang lain di Babel. 

Daniel punya mental yang bertanggung jawab:

1. Dekat dengan Tuhan

  • Orang yang egois itu tidak dekat dengan Tuhan. Daniel hidup dekat dengan Tuhan, makanya ia tidak egois, ia merasa punya tanggung jawab jawab atas nasib semua orang bijaksana yang terancam hukuman raja.
  • Dalam keluarga, orang mungkin makin memperjuangkan hak nya masing-masing. Suami ingin dimengerti, Isteri juga ingin diperhatikan.

2. Memiliki cinta membara kepada Tuhan

  • Kristus mencintai Allah Bapa makanya Ia rela berkorban untuk menebus ciptaan-Nya. Yang menyalibkan Kristus itu dosa kita semua. Cinta Yesus sangat besar buat Allah Bapa dan rela berkorban bagi kita.

3. Memiliki kerinduan untuk membalas cinta Tuhan

  • Kita sadar bahwa Tuhan sudah terlalu banyak memberi kebaikan bagi kita, maka kita rindu untuk mau membalas cinta-Nya itu. 

4. Tidak mudah menyerah pada masalah yang dihadapi

  • Kita harus terus berjalan dan tidak mudah menyerah. Jika kita menjalani semua sebagai rasa tanggung jawab kita, maka Allah akan membela kita.

Amin

0 comments:

Posting Komentar