16 Februari 2024

16 Februari 2024




Foto oleh Anete Lusina 

"Lebih cerdas"

Hidup di dalam Kristus memiliki Kebanggan tersendiri

Ketika kita memiliki Kristus, kita memiliki yang dunia tidak miliki, sesuatu yang tidak bisa Dunia berikan, yaitu:

1. Damai sejahtera sejati

  • Dunia ini berikan tertawa, pesta, hadiah dsb, membawa suasana hati menjadi sukacita. Begitu pengaruh luar itu habis, maka suasana hati akan sedih/susah lagi. 

  • Sementara sukacita dan damai sejahtera dari Kristus itu munculnya dari dalam hati kita, karena sumber sukacita kita dari Allah, bukan dunia ini.

2. Memiliki Kepastian akan berkat dan anugerah Allah

  • Bukannya kita tidak punya kelemahan, tetapi berkat dan anugerah yang Allah berikan membuat kita kuat. 
3. Kita memiliki jaminan kemenangan

  • Bisa jadi kita menghadapi badai kehidupan, tetapi kemenangan selalu diberikan oleh Allah. Kita jadi orang yang lebih dari pemenang. 

4. Kita memiliki penyertaan Allah

  • Ia adalah Allah Imanuel, menyertai kita ke manapun kita pergi. Seutas rambut kita pun, tidak akan jatuh ke tanah tanpa seizin Tuhan. Air mata kita ditampung di dalam kirbatnya Tuhan. Ia tampung air mata kesedihan kita, menjadi mata air kehidupan yang membual keluar membawa berkat juga buat orang lain.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8
Program Ke 
"Lebih cerdas"

Bukannya otak kita diganti, tetapi Allah memberi hikmat dan kebijaksanaan melebihi segala yang ada di dunia ini. Allah memakai kita menjadi berkat buat banyak bangsa.

Daniel 1:18-21

1:18 Setelah lewat waktu yang ditetapkan raja, bahwa mereka sekalian harus dibawa menghadap, maka dibawalah mereka oleh pemimpin pegawai istana itu ke hadapan Nebukadnezar. 1:19 Raja bercakap-cakap dengan mereka; dan di antara mereka sekalian itu tidak didapati yang setara dengan Daniel, Hananya, Misael dan Azarya; maka bekerjalah mereka itu pada raja. 1:20 Dalam tiap-tiap hal yang memerlukan kebijaksanaan dan pengertian, yang ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka sepuluh kali lebih cerdas dari pada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya. 1:21 Daniel ada di sana sampai tahun pertama pemerintahan Koresh. 

Orang boleh saja mengatakan kita tidak bisa apa-apa, kita mungkin kaum minoritas, tidak boleh kita menjadi minder, tidak boleh kita merasa tidak bisa apa-apa, karena Allah jaminan kita.

Apa yang harus kita lakukan:

1. Kita tidak boleh menyerah 

  • Mungkin terjepit dan bingung, tetapi duduk dan menyembah Allah, maka kita akan memperoleh hikmat dan kepintaran, sehingga kita bisa mengerjakan segala hal yang tidak bisa kita lakukan.

2. Tidak boleh iri hati pada orang dunia 

  • Orang Dunia mungkin terlihat lebih hebat dan kaya daripada kita, tetapi Allah memberikan segala sesuatu unik bagi setiap orang. Kita diberikan sesuatu yang kita perlukan dan semua itu aman bagi kita. Bisa saja orang dunia ini kaya raya, tetapi mendapatkannya dengan cara yang tidak benar, sehingga sewaktu-waktu mereka terancam oleh pelanggaran hukum. Sementara hidup kita yang mungkin sederhana, tetapi hidup merdeka dan tidak ada tuduhan sama sekali.

3. Kita tidak boleh hidup yang biasa-biasa saja

  • Kita mulai dengan mental untuk melakukan yang terbaik buat Tuhan, maka Ia akan menjadikan segala sesuatunya baik. Sadrakh Mesakh Abednego Daniel, sepuluh kali lebih cerdas.

4. Tidak boleh dipermainkan dunia ini

Belajar tidak kompromi dengan dunia ini. Andalkan kekuatan Tuhan, bukan kekuatan diri sendiri.

Amin

0 comments:

Posting Komentar