14 Februari 2024

14 Februari 2024




mu.na.fik
Etimologi: [Informasi etimologi hanya tersedia bagi pengguna terdaftar]
a berpura-pura percaya atau setia dan sebagainya kepada agama dan sebagainya, tetapi sebenarnya dalam hatinya tidak; suka (selalu) mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan perbuatannya; bermuka dua: ia tidak pernah berpura-pura, selalu jujur dan tidak --
n Isl orang yang berpura-pura percaya atau setia kepada agama, tetapi sebenarnya dalam hatinya tidak demikian

Sifat kehidupan manusia yang dibenci orang: "Kemunafikan"

Tidak seorangpun yang membenci orang munafik. Tuhan Yesus sangat tegas menentang orang munafik:

Matius 23:27

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran.

Orang Munafik tidak ada di Penjara, tempat perjudian dan tempat kejahatan lainnya, tetapi banyak ada di Gereja! orang jahat di tempat kejahatan itu biasanya jujur, ia mengatakan apa yang ada di hatinya, tetapi di Gereja orang jahat bersembunyi di balik dalih rohani.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8
Program Ke 385

Lukas 20:45-47

Yesus menasihatkan supaya waspada terhadap ahli-ahli Taurat

20:45 Ketika semua orang banyak mendengarkan, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: 20:46 "Waspadalah terhadap ahli-ahli Taurat yang suka berjalan-jalan memakai jubah panjang dan suka menerima penghormatan di pasar, yang suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan di tempat terhormat dalam perjamuan, 20:47 yang menelan rumah janda-janda dan yang mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Mereka itu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat." 

Orang Munafik:

1. Mencari apapun untuk mencari perhatian dan penghormatan manusia

  • Tuhan tidak akan memberikan berkat lagi buat orang seperti ini. Ia mencuri kemuliaan Allah. 
  • Banyak orang melakukan perbuatan ibadah supaya dilihat orang lain. Inilah kemunafikan. Ia sangat senang dipuji orang lain. Sesungguhnya ia melakukan ibadah untuk dirinya sendiri, bukan untuk Tuhan.

2. Bersembunyi di balik kegiatan rohani atau keagamaan

  • Bawa Alkitab ke mana-mana, pakai kalung salib, tetapi perkataannya seringkali menyakitkan orang lain, masih hidup dalam zinah, masih membenci orang. Inilah kemunafikan.

3.  Suatu saat akan menerima hukuman yang berat

  • Tuhan Yesus menjamin orang munafik tidak punya tempat di Surga. Orang seperti ini tidak akan bertumbuh rohaninya. Orang seperti ini merasa dirinya tidak perlu lagi bertobat. Orang seperti ini tidak punya kesempatan untuk dewasa.
  • Tuhan mau kita bertobat jika kita juga munafik. 

Amin.

0 comments:

Posting Komentar