03 Februari 2024

03 Februari 2024 



Kemegahan Bait Allah

Hidup yang bergantung pada Allah akan tetap tegak melihat kemuliaan Allah.

Bait Allah = tempat di mana Allah Hadir menyatakan kuasa-Nya.

Bait Allah adalah lambang kehadiran Allah menyatakan Kuasa-Nya di bumi ini. Barangsiapa yang menajiskan Bait Allah, Ia akan menghancurkannya.

Allah juga menganggap tubuh manusia adalah Bait Allah, di mana Allah bersemayam di tubuh dan hati manusia. Tujuannya membawa manusia 

Markus 13:1-2

Bait Allah akan diruntuhkan

13:1 Ketika Yesus keluar dari Bait Allah, seorang murid-Nya berkata kepada-Nya: "Guru, lihatlah betapa kokohnya batu-batu itu dan betapa megahnya gedung-gedung itu!" 13:2 Lalu Yesus berkata kepadanya: "Kaulihat gedung-gedung yang hebat ini? Tidak satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain, semuanya akan diruntuhkan."

Perkataan Tuhan Yesus mengenai Bait Allah, sangat mengejutkan dan tidak bisa dipahami para murid-Nya. Baru tahun 70 Masehi, jenderal Titus datang menjajah dan menjarah Bait Allah, Ia mencari emas di situ, hingga setiap batu bata yang ada dihancurkan.

Kemegahan Bait Allah itu apa? Apakah Bait Allah harus berbentuk gedung besar yang dikhususkan dengan desain Gereja yang besar. Ada perdebatan tentang Gereja saat ini, masakan Gereja didirikan di ruko? Apakah memang harus gedung besar? 

Apa yang Tuhan Yesus firmankan di dalam ayat bacaan di atas:

1. Kemegahan Bait Allah secara fisik, dapat dihancurkan

  • Jangan bangga akan fisik Bait Allah, fokus kita bukan pada fisik bangunan atau keindahan desainnya, tetapi pada Kuasa Roh Kudus yang berkarya dalam Gereja itu.
  • Tuhan akan nyatakan Kuasa-Nya dalam Gereja yang di dalamnya Nama Tuhan ditinggikan.
  • Gedung Gereja boleh dihancurkan dan dimusnahkan, tetapi pekerjaan Allah tidak akan bisa dihancurkan. Mungkin orang mengatasnamakan Allah, tetapi menghancurkan tempat ibadah agama lainnya.
2. Kedahsyatan Bait Allah dinyatakan dengan kehadiran Roh Kudus di dalamnya

  • Gereja itu yang penting adanya Roh Kudus memenuhi tempat itu. Di mana Nama Tuhan Yesus Kristus ditinggikan, di situlah Roh Kudus akan memenuhi tempat itu. Jika Roh Kudus memenuhi tempat itu, maka Kedahsyatan dan Mukjizat Allah akan terjadi.
3. Bait Allah tempat orang belajar melakukan sesuatu buat Allah 
  • Gereja adalah tempat orang percaya dididik dan dilatih untuk menjadi pelayan Tuhan. Roh Kudus akan memperlengkapi orang-orang yang menyerahkan dirinya bagi tujuan kemuliaan Allah.
Amin.


0 comments:

Posting Komentar