30 Januari 2024

30 Januari 2024



Paradigma yang baru dari Tuhan

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke 

Yesaya 43:18-21

43:18 firman-Nya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! 43:19 Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara. 43:20 Binatang hutan akan memuliakan Aku, serigala dan burung unta, sebab Aku telah membuat air memancar di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara, untuk memberi minum umat pilihan-Ku; 43:21 umat yang telah Kubentuk bagi-Ku akan memberitakan kemasyhuran-Ku."

Definisi Paradigma: 

Paradigma yang ada pada manusia adalah cara pandang manusia, yang mempengaruhi pola berfikirnya. Jadi jika seseorang memiliki Paradigma yang baik, maka pola berfikirnya akan baik. Sebaliknya jika dari kecil sudah dididik dengan Paradigma yang keliru, maka sampai tuanya pun ia akan memiliki pola berfikir yang salah.

Paradigma baru sesuai ayat di atas:

1. Jangan ingat-ingat hal-hal yang dahulu 

  • Jika kita sudah mendengar firman Tuhan untuk mengampuni kesalahan orang lain, maka kita juga harus mengubah paradigma kita yang lama, misalnya kebencian atau dendam terhadap orang lain. Kita harus melupakan semua yang ada di masa lalu, kita harus berlari-lari menuju sasaran di depan. Kita mengarahkan diri kepada tujuan kita yaitu panggilan sorgawi. 
  • Kita sudah menjadi ciptaan yang baru, pada saat kita dibaptis, kita menjadi manusia yang berbeda dengan yang dulu. Jika seseorang yang bertobat, pola berfikirnya juga harus berubah.

2. Mata kita tertuju kepada Tuhan Yesus

  • Selama ini mungkin mata kita memperhatikan banyak hal yang di kanan kiri. Kita sekarang harus fokus pada komando dan instruksi dari Tuhan Yesus Kristus. 

  • Peristiwa yang kita alami apapun dalam kehidupan kita, semuanya dipakai Tuhan untuk kebaikan kita sendiri, jika mata kita tertuju kepada-Nya.

3. Jangan izinkan perkataan orang lain terjadi pada hidup kita

  • Jika kita fokus pada Tuhan yesus, maka hidup kita bukan berdasarkan perkataan orang lain, melainkan firman Tuhan. Hidup kita akan dipimpin oleh firman Tuhan, menuju jalan yang lurus.

4. Jangan memikirkan harta duniawi

  • Jika mata kita tertuju kepada Tuhan Yesus, maka seluruh harta dunia ini bukanlah milik kita yang harus dipertahankan.
  • Billy Graham, penginjil yang sangat terkenal di dunia ini, berkata bahwa, "Dalam dunia ini, saya hanya Travelling saja".



0 comments:

Posting Komentar