24 Januari 2024

24 Januari 2024



"Menampakkan diri"

Allah kita bukan Allah yang eksklusif, milik suatu pihak atau golongan. Allah kita milik semua orang. Jangan merasa Tuhan milik suatu kelompok tertentu.
Allah kita juga tidak berdiam di Surga tersembunyi atau angker, sebaliknya Ia adalah Allah yang Maha pemurah dan Maha baik, hingga Ia mau turun menampakkan diri-Nya di antara para ciptaan-Nya di bumi.

Yohanes 3:16

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.  

Matius 5:45

Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar

Mengapa Allah mau tinggal dan diam di antara manusia:

1. Manusia mudah bingung dan kecewa

  • Allah mau hadir di tengah umat-Nya. Dari zaman purba, Allah punya konsep Tabernakel, Allah mau hadir di situ, di antara manusia. Hingga Allah turun menjadi manusia demi bersama dengan ciptaan-Nya. Ia sangat sayang pada kita.

2. Allah mau menyatakan anugerah dan berkat-berkat-Nya bagi kita

  • Allah tidak mau bertakhta di Surga saja, tetapi mau berada di antara kita, karena mau memberikan berkat-Nya.

3. Allah tahu kita mudah ditipu dan mudah goyah

  • Allah tidak mau kita rugi dan mengalami kehancuran.

4. Manusia sangat perlu tuntunan dan bimbingan dari Allah setiap saat

  • Kita tidak akan bisa berdiri tegak dan berjalan kalau tidak dituntun dan dibimbing Allah.


Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program Ke 
"Menampakkan diri"

Keluaran 6:1-12

6:1 (5-24) Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Sekarang engkau akan melihat, apa yang akan Kulakukan kepada Firaun; sebab dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan membiarkan mereka pergi, ya dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan mengusir mereka dari negerinya."

Pengutusan Musa

6:2 (6-1) Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN. 6:3 (6-2) Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri. 6:4 (6-3) Bukan saja Aku telah mengadakan perjanjian-Ku dengan mereka untuk memberikan kepada mereka tanah Kanaan, tempat mereka tinggal sebagai orang asing, 6:5 (6-4) tetapi Aku sudah mendengar juga erang orang Israel yang telah diperbudak oleh orang Mesir, dan Aku ingat kepada perjanjian-Ku. 6:6 (6-5) Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat. 6:7 (6-6) Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir. 6:8 (6-7) Dan Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah TUHAN." 6:9 (6-8) Lalu Musa mengatakan demikian kepada orang Israel, tetapi mereka tidak mendengarkan Musa karena mereka putus asa dan karena perbudakan yang berat itu. 6:10 (6-9) Kemudian TUHAN berfirman kepada Musa: 6:11 (6-10) "Pergilah menghadap, katakanlah kepada Firaun, raja Mesir, bahwa ia harus membiarkan orang Israel pergi dari negerinya." 6:12 (6-11) Tetapi Musa berkata di hadapan TUHAN: "Orang Israel sendiri tidak mendengarkan aku, bagaimanakah mungkin Firaun akan mendengarkan aku, aku seorang yang tidak petah lidahnya!" 

Allah mau menampakkan diri-Nya, demi:

1. Menenteramkan kita
2. Perubahan hidup kita
3. Kita tidak patah semangat
4. Mengarahkan fokus kita pada Allah

Amin

0 comments:

Posting Komentar