03 Januari 2024

03 Januari 2023



Kunci-kunci kehidupan

Kaya itu relatif, orang kaya belum tentu bahagia, tetapi jika orang itu bisa bahagia, itulah orang yang kaya.
Anggota keluarga yang tidak bisa hidup dalam kebahagiaan, adalah miskin. Kebahagiaan itu adalah Anugerah Allah.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8
Program Ke 
"Kunci-kunci Kunci-kunci kehidupan"

Suatu pintu yang sangat besar, dapat dibuka dengan anak kunci yang kecil. Akan tetapi jika kita tidak punya anak kunci yang tepat, maka pintu itu tidak akan terbuka. Demikian pula kehidupan kita di bumi ini, jika kita tidak mengetahui Anak Kunci yang tepat bagi kehidupan kita, maka hidup kita akan sulit dan berat dijalani. Carilah anak kunci yang tepat, agar kita bisa memperoleh Kebahagiaan Sejati dari Allah.

Markus 12:12-17
12:12 Lalu mereka berusaha untuk menangkap Yesus, karena mereka tahu, bahwa merekalah yang dimaksudkan-Nya dengan perumpamaan itu. Tetapi mereka takut kepada orang banyak, jadi mereka pergi dan membiarkan Dia.

Tentang membayar pajak kepada Kaisar

12:13 Kemudian disuruh beberapa orang Farisi dan Herodian kepada Yesus untuk menjerat Dia dengan suatu pertanyaan. 12:14 Orang-orang itu datang dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar jalan Allah dengan segala kejujuran. Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak?" 12:15 Tetapi Yesus mengetahui kemunafikan mereka, lalu berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mencobai Aku? Bawalah ke mari suatu dinar supaya Kulihat!" 12:16 Lalu mereka bawa. Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." 12:17 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!" Mereka sangat heran mendengar Dia. 

  • Note: Yahudi di bawah kekuasaan Romawi. Untuk Imam yang terlibat dalam pelayanan, maka tidak lagi harus bayar pajak karena sudah bayar perpuluhan kepada Bait Allah. Dalam hal ini, orang Farisi dan Herodian mau menjebak Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya. Akan tetapi Tuhan Yesus dengan penuh hikmat Tuhan, bisa menjawab dengan Kunci Kehidupan yang menyebabkan musuh-musuh-Nya tidak bisa menjawab lagi.
Tiga kunci kehidupan:
  1. Kejujuran - Orang yang jujur mengatakan kebenaran, tulus hati, mengatakan persis apa yang terjadi. Dunia ini penuh orang yang punya trik mempengaruhi pikiran orang. Orang yang melihat Tuhan Yesus pun mengakui Ia adalah orang yang jujur. Setiap kita yang jujur, maka pintu kehidupan akan terbuka lebar.
  2. Hati yang takut akan Allah - Banyak orang yang baik, akhirnya menjadi orang jahat, karena salah bergaul. Orang yang jujur akhirnya berbohong, karena ingin dihargai orang lain. Mari bertobat, takutlah akan Allah! Jika kita takut akan Allah, maka kita tidak akan tunduk pada orang yang salah.
  3. Tidak mencari muka - Orang munafik, adalah orang yang mendekat pada orang besar untuk bisa memperoleh apa yang diinginkannya. Orang yang tidak mencari muka, maka ia di hadapan Allah akan hidup benar selalu. Ia tidak mau menyenangkan semua orang.
Amin 

0 comments:

Posting Komentar