19 Januari 2024

19 Januari 2024



Berbalik

Allah itu panjang sabar dan berlimpah kasih setianya. ia selalu memberi kesempatan bagi orang berdosa dan jahat, untuk berbalik dari jalan yang jahat, untuk bertobat. Dosa yang kotor dibersihkan, jika mau datang kepada Tuhan Yesus. akan tetapi banyak orang menjadi Gengsi. Dulu mungkin preman jagoan, jika bertobat, nanti malu, makanya orang itu gengsi. Jadi sulit untuk bertobat karena gengsi, padahal taruhannya maut.
Ketika dengar firman Tuhan, mari katakan, "Dosa menyakitkan, tetapi pertobatan, membawa saya kepada kemenangan demi kemenangan".

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8
Program Ke 
"Berbalik"

Banyak orang sudah tahu ia bersalah, tetapi tidak mau berbalik, karena Gengsi, karena merasa ia nikmat, merasa terlalu berdosa, dsb.

Zakharia 1:1-4

Seruan untuk bertobat

1:1 Dalam bulan yang kedelapan pada tahun kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin Ido, bunyinya: 1:2 "Sangat murka TUHAN atas nenek moyangmu. 1:3 Sebab itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kembalilah kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN semesta alam, maka Akupun akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam. 1:4 Janganlah kamu seperti nenek moyangmu yang kepadanya para nabi yang dahulu telah menyerukan, demikian: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Berbaliklah dari tingkah lakumu yang buruk dan dari perbuatanmu yang jahat! Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau menghiraukan Aku, demikianlah firman TUHAN. 

Kitab Zakharia ini ditulis sekitar tahun 510 SM, diduga oleh murid-murid dari Nabi Zakharia.
Nama Zakharia artinya Allah mengingat. Mengingat apa? Allah mengingat umat-Nya yang dibuang ke Babel. Zakharia Nabi yang berada di zaman pemerintahan Raja Darius.
Nabi Zakharia melayani di zaman pembuangan Babel dan mulai kembali ke Yerusalem. Akan apa sebab bangsa Israel dulu dibuang, Zakharia mengingatkan bangsa ini akan hal itu, supaya berbalik dari jalan yang jahat.

Ada orang yang niat berbalik sewaktu sudah hancur. Tapi harganya terlalu mahal. Orang sudah masuk UGD karena kaki hancur, baru bertobat. Ada yang anaknya dipenjara Narkoba, baru bertobat.

Kapan kita bisa berbalik dari jalan kita yang jahat? 

1. First thing first Hati Nurani disadarkan

  • Ada Orang yang diingatkan Tuhan dan sadar, segera bertobat, berbalik dari jalan yang salah itu. Jangan menunda!!
  • Orang yang selingkuh dengan pria lain, maka jika tahu salah, segera bertobat dan berbalik!
2. Jika diingatkan Tuhan secara tegas melalui firman
  • Jika seseorang mendengar firman dan merasa ditegur, maka harus bertobat, berbalik.
3. Jika mulai terasa pukulan Tuhan
  • Ini biasanya adalah kelanjutan dari teguran firman Tuhan, jika seseorang tidak mau juga berbalik dari kesalahannya.
  • Orang tidak mau juga meninggalkan kejahatannya, akhirnya tersadar ia di UGD karena kecelakaan.
  • Anak mulai tidak hormat, bahkan menjadi anak yang durhaka, segeralah bertobat. 
4. Jika kesengsaraan mulai menguasai kehidupan
  • Allah dengan terpaksa melakukan hal ini, sebagai hukuman yang terakhir sebelum maut kekal.
  • Misalnya: Ada Orang yang menjahati usaha kita, sehingga bangkrut. Dalam pekerjaan di kantor, difitnah dan akhirnya dipecat dengan tidak hormat. Anak kena Narkoba sehingga harus masuk RS dan tidak bisa pulih kembali. Mengerikan bukan?
Jadilah orang yang Peka akan peringatan Tuhan, jangan sampai kita sengsara sendiri.

Jika kita mengaku dosa kita, maka Allah itu adalah setia dan adil. Ia akan mengampuni segala kesalahan dan dosa kita.

Amin

0 comments:

Posting Komentar