25 Januari 2024

25 Januari 2024



Bangkitlah Menjadi Teranglah!

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke 381

Yesaya 60:1-2

Kemuliaan Sion yang akan datang

60:1 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. 60:2 Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu. 

Mengapa harus bangkit Menjadi terang? Karena kegelapan sudah menguasai bumi. Kita harus menerangi dunia yang gelap. Kita harus memulihkan keadaan Bumi yang diciptakan Allah dalam terang.

Matius 26:23

jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu. 

  • Kita tidak boleh sama lagi dengan orang yang kehidupannya gelap.

Efesus 5:16-18

5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. 5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. 5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,

  • Orang Kristen yang sudah ditebus Tuhan harusnya hidup dalam terang, perbuatan kita kudus. Akan tetapi jika sudah percaya, tetapi hidup dalam kegelapan, maka kehidupan kita akan dikuasai Roh kegelapan yang jahat.
  • Kalau sudah menjadi orang yang ditebus, harus berusaha memahami kehendak Allah, bukan sibuk memenuhi keinginan daging yang gelap.
  • Mari kita bangkit dan menjadi terang. 

Amsal 14:12

Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

Mengapa kita harus menyingkirkan kegelapan:

1. Kita adalah anak-anak Terang

  • Awalnya memang manusia diciptakan dalam Terang. akan tetapi jatuh dalam dosa dan hidup dalam kegelapan. Kristus sudah mati dan kembali memberi

1 Tesalonika 5:5

karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan.

  • Kalau hidup kita bersandarkan pada firman Tuhan, maka kita harus keluar dari kegelapan itu.

2. Kita dipanggil untuk menjadi saksi

Wahyu 17:14

Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia."

3. Mempersiapkan kedatangan Tuhan

Matius 25:1-13

Gadis-gadis yang bijaksana dan gadis-gadis yang bodoh

25:1 "Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki. 25:2 Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana. 25:3 Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak, 25:4 sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka. 25:5 Tetapi karena mempelai itu lama tidak datang-datang juga, mengantuklah mereka semua lalu tertidur. 25:6 Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia! 25:7 Gadis-gadis itupun bangun semuanya lalu membereskan pelita mereka. 25:8 Gadis-gadis yang bodoh berkata kepada gadis-gadis yang bijaksana: Berikanlah kami sedikit dari minyakmu itu, sebab pelita kami hampir padam. 25:9 Tetapi jawab gadis-gadis yang bijaksana itu: Tidak, nanti tidak cukup untuk kami dan untuk kamu. Lebih baik kamu pergi kepada penjual minyak dan beli di situ. 25:10 Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya, datanglah mempelai itu dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama-sama dengan dia ke ruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup. 25:11 Kemudian datang juga gadis-gadis yang lain itu dan berkata: Tuan, tuan, bukakanlah kami pintu! 25:12 Tetapi ia menjawab: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya aku tidak mengenal kamu. 25:13 Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya."

  • Gadis-gadis yang bodoh berkata kepada gadis-gadis yang bijaksana: Berikanlah kami sedikit dari minyakmu itu, sebab pelita kami hampir padam. Lima gadis yang bodoh tidak bisa mempertahankan Terang yang mereka miliki. Mereka ditinggalkan karena hidup dalam kegelapan. 
  • Mari jadilah orang yang menanti-nantikan Tuan yang akan kembali pulang, dengan terang yang tetap ada pada kita.

Jadi bagaimana kita harus bersikap:

1. Bangkit dan jangan tidur

1 Tesalonika 5:6-8

5:6 Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar. 5:7 Sebab mereka yang tidur, tidur waktu malam dan mereka yang mabuk, mabuk waktu malam. 5:8 Tetapi kita, yang adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan.

2. Hidup dalam integritas

Markus 4:21

Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian.

3. Lebih banyak sembahyang

1 Tesalonika 5:17

Tetaplah berdoa

Amin

0 comments:

Posting Komentar