31 Desember 2023

31 Desember 2023




Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke 378

Matius 2:1-6

Orang-orang majus dari Timur

2:1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem 2:2 dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia." 2:3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. 2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan. 2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: 2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Ada dua respons dari manusia yang mendengar berita tentang Mesias:

1. Respons Herodes atas pertanyaan orang Majus dari Timur, menandakan bahwa ia tidak dekat dengan Allah: 1) Tidak tahu tanda-tanda kelahiran Mesias 2) Mau membunuh Mesias itu. 

2. Di sisi lainnya Respons dari para Gembala di padang: 1) Takjub dan ikut memuliakan Allah 2) Pergi ke tempat yang diberikan oleh Malaikat. 3) Menyembah Mesias itu.

Orang Majus melihat bintang yang berjalan menuju lokasi kelahiran Tuhan Yesus, kemungkinan besar, hanya bisa dilakukannya pada waktu siang hari. Jadi bayangkan, orang Majus itu sangat lama mencari tanda kelahiran itu karena hanya bisa berjalan di malam hari. Pengorbanan yang mereka lakukan tidak dipandang hina oleh Tuhan. Ia menyelamatkan mereka dari segala kejahatan Herodes. Segala perbuatan yang mereka lakukan dicatat oleh Tuhan dalam Alkitab kita.

Para imam dan ahli Taurat yang juga mengetahui berita kelahiran Mesias tidak serta merta menjadi orang yang percaya, tetapi mereka tetap berada di dalam pihak raja Herodes. Hal ini terjadi juga pada orang Kristen yang hidup di dalam dunia ini. Sudah mengetahui firman Tuhan, tetapi tidak mau menjalankannya. Itulah buah dari kedagingan. Segala peringatan dan ajaran Tuhan yang baik dan benar, tidak menjadikannya berubah. Coba lihatlah para Gembala yang tidak mempunyai pengetahuan apa-apa, tetapi Allah berkenan membuat mereka melihat segala kemuliaan Allah. Mereka hidup sederhana dan tidak tinggi hati, begitu mereka mendengar pemberitaan Mesias, mereka segera pergi dan mempersembahkan diri mereka buat Tuhan Yesus.

Bilangan 24:17

Aku melihat dia, tetapi bukan sekarang; aku memandang dia, tetapi bukan dari dekat; bintang terbit dari Yakub, tongkat kerajaan timbul dari Israel, dan meremukkan pelipis-pelipis Moab, dan menghancurkan semua anak Set

Janji Allah Nyata untuk semua bangsa lain selain Israel, sehingga kita bisa memperoleh keselamatan kekal.

Hari ini mari kita memandang kepada Allah, mencari Mesias itu dan mengikuti-Nya.

Sambutlah Yesus dalam kehidupan kita.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar