22 Desember 2023

22 Desember 2023




Matius 2:1-6

Orang-orang majus dari Timur

2:1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem 2:2 dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia." 2:3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. 2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan. 2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: 2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel." 

Herodes sangat terkejut karena ada Nubuat mengenai kelahiran seorang Pemimpin baru di daerahnya. Pikirannya pasti kalut dan panik, bahwa pemerintahannya terancam, karena ia adalah Raja boneka Kerajaan Romawi. Pemerintahannya sementara aman selama ia mengikuti perintah Kaisar Romawi. Demi ia mendengar dari para Imam Kepala dan Ahli Taurat, bahwa Mesias akan lahir dari Kota kecil Betlehem. Berarti pemerintahannya terancam. 

Orang Majus dari Timur, bisa jadi adalah Bangsawan. Mereka rela mencari Tuhan Yesus yang dilahirkan di Betlehem. Herodes meminta agar mereka memberitahukan di mana kelahiran bayi tersebut. Dengan maksud untuk membunuh bayi itu. Mereka diperingatkan untuk tidak melewati jalan yang sama pada waktu pulangnya. 

Setelah mendengar bahwa orang Majus tidak melapor lagi padanya, Herodes memerintahkan pembunuhan bayi di bawah 2 tahun. Inilah buah dosa. Dari rasa terancam, lahir perbuatan keji.  

0 comments:

Posting Komentar