16 Desember 2023

16 Desember 2023



Orang benar tidak dikejutkan

Akhir zaman ini banyak kejutan, banyak orang kaget-kaget dalam hidup, akibatnya penyakit. Memang banyak tanda-tanda aneh di alam, misalnya Tsunami, sekarang terjadi sering sekali. Banjir, longsor dan bencana alam tidak bisa diprediksi oleh para ahli alam. Penyakit-penyakit yang aneh-aneh tidak bisa disembuhkan. Penyakit yang satu ditemukan obatnya, timbul lagi penyakit yang lainnya. 

Inilah zaman yang penuh kejutan:

  1. Banyak orang akan stress dan bingung - Sakit jantung, kanker, tumor, stroke, banyak muncul. Dulu itu penyakit orang tua, ternyata sekarang anak muda sudah kena penyakit itu. Orang stress penyebab utama penyakit-penyakit itu. Ingatlah bahwa Tuhan Yesus masih sanggup mengatasi semua masalah kita, maukah kita datang kepada-Nya?
  2. Banyak orang stress akhirnya lari kepada kuasa kegelapan - Orang yang stress karena mau bisnisnya maju biasanya karena punya Penasihat spiritual. Orang zaman sekarang kembali ke Animisme dan Dinamisme seperti zaman purba. Orang lebih percaya kuasa kegelapan daripada kepada Allah. Iblis itu menyamar seperti malaikat terang. Orang mulai meralat, ini bukan iblis, tapi tenaga dalam dari manusia. Inilah istilah yang diputar balik, untuk menipu manusia. Di luar kuasa Kristus, pasti kuasa iblis. Lari dari kenyataan hidup karena tidak kuat menghadapinya. Alkitab menggambarkan orang yang mengenal Allah-nya, pasti akan kuat dan bertahan.

Orang benar tidak dikejutkan, melainkan diberitahu kejadian yang akan datang. Kita lihat kisah Yusuf yang dibuang oleh Kakak-kakaknya, namun diangkat Allah menjadi Perdana Menteri Mesir, untuk menyelamatkan seluruh keluarga Israel.

Kejadian 41:46-57

41:46 Yusuf berumur tiga puluh tahun ketika ia menghadap Firaun, raja Mesir itu. Maka pergilah Yusuf dari depan Firaun, lalu dikelilinginya seluruh tanah Mesir. 41:47 Tanah itu mengeluarkan hasil bertumpuk-tumpuk dalam ketujuh tahun kelimpahan itu, 41:48 maka Yusuf mengumpulkan segala bahan makanan ketujuh tahun kelimpahan yang ada di tanah Mesir, lalu disimpannya di kota-kota; hasil daerah sekitar tiap-tiap kota disimpan di dalam kota itu. 41:49 Demikianlah Yusuf menimbun gandum seperti pasir di laut, sangat banyak, sehingga orang berhenti menghitungnya, karena memang tidak terhitung. 41:50 Sebelum datang tahun kelaparan itu, lahirlah bagi Yusuf dua orang anak laki-laki, yang dilahirkan oleh Asnat, anak Potifera, imam di On. 41:51 Yusuf memberi nama Manasye kepada anak sulungnya itu, sebab katanya: "Allah telah membuat aku lupa sama sekali kepada kesukaranku dan kepada rumah bapaku." 41:52 Dan kepada anaknya yang kedua diberinya nama Efraim, sebab katanya: "Allah membuat aku mendapat anak dalam negeri kesengsaraanku." 41:53 Setelah lewat ketujuh tahun kelimpahan yang ada di tanah Mesir itu, 41:54 mulailah datang tujuh tahun kelaparan, seperti yang telah dikatakan Yusuf; dalam segala negeri ada kelaparan, tetapi di seluruh negeri Mesir ada roti. 41:55 Ketika seluruh negeri Mesir menderita kelaparan, dan rakyat berteriak meminta roti kepada Firaun, berkatalah Firaun kepada semua orang Mesir: "Pergilah kepada Yusuf, perbuatlah apa yang akan dikatakannya kepadamu." 41:56 Kelaparan itu merajalela di seluruh bumi. Maka Yusuf membuka segala lumbung dan menjual gandum kepada orang Mesir, sebab makin hebat kelaparan itu di tanah Mesir. 41:57 Juga dari seluruh bumi datanglah orang ke Mesir untuk membeli gandum dari Yusuf, sebab hebat kelaparan itu di seluruh bumi.

Mesir masih punya roti dan tidak tertimpa kelaparan yang menimpa seluruh bumi. Orang Mesir tertolong karena Tuhan memberikan rahasia-Nya bagi Yusuf.
Allah tidak membiarkan Yakub dan keturunannya binasa melalui kejadian ini. 

Allah punya rencana yang dahsyat bagi umat-Nya, di tengah-tengah masalah: 

  1. Buat orang benar segala kejadian buruk tidak akan mengejutkan - Setiap orang yang tidak mengenal Allah, mungkin akan ketakutan menghadapi masalah dan persoalan hidup, akan tetapi Allah memberikan jalan keluar dan pertolongan-Nya bagi setiap orang yang berteriak kepada-Nya memohon pertolongan. Bahkan bagi umat yang menjaga kehidupan-nya bersih dan melekat kepada-Nya, segala masalah yang akan terjadi bisa jadi sudah diberitahukan Allah kepada mereka. 
  2. Hikmat dan Akal budi - Umat yang hatinya terpaut pada Allah, tidak akan terkejut dalam masalah, sebab Allah akan selalu memberi akal budi dan hikmat untuk mengatasi masalahnya. Hikmat dan Akal budi yang diberikan Allah tidak sama dengan hikmat manusia. Hikmat Allah itu mengatasi semua persoalan yang terbesar sekalipun. Seperti Yusuf yang mengatasi masalah dengan hikmat dari Allah, yaitu mendirikan lumbung dan mengumpulkan gandum di masa Kesuburan tujuh tahun, itulah hikmat yang tidak bisa dimiliki oleh orang lain di luar Allah.
  3. Mukjizat dinyatakan karena kita bisa berdoa - Yusuf hatinya sangat sedih karena kehilangan ayah yang dikasihinya, serta seluruh anggota keluarganya, sehingga ia menyatakan anaknya Efraim dan Manasye, sebagai pengganti dan penghiburan akan keluarganya. Dari situlah Mukjizat Allah mengizinkan Yusuf akhirnya bertemu lagi dengan Yakub dan Kakak-kakaknya semua, karena Yusuf adalah orang yang hatinya melekat kepada Allah.
  4. Allah memelihara umat-Nya - Kakak-kakak Yusuf mereka-reka kejahatan bagi Yusuf, dengan niat membunuhnya, dan menjual ke orang asing. Itu kejahatan yang direka-rekakan untuk kebaikan bagi bangsa Israel di masa depan. Yakub dan anak-anaknya terancam binasa karena kelaparan yang menimpa seluruh dunia, tetapi Allah merancang suatu karya Agung dengan mengizinkan Yusuf menjadi Perdana Menteri Mesir, yang menyimpan gandum di masa paceklik. Tidak ada masa paceklik bagi umat Allah, tidak ada kebinasaan bagi umat-Nya yang takut akan Allah. Ia memelihara umat-Nya.
Amin

0 comments:

Posting Komentar