15 Desember 2023

15 Desember 2023



Tuhan Yesus disebut:

  1. Anak Abraham = Kunci janji berkat Allah
  2. Anak Daud = Kunci janji Kerajaan Allah
  3. Anak Allah = Allah yang sama menjadi manusia supaya setiap orang yang percaya beroleh Keselamatan kekal
Mesias adalah Anak Daud
Nubuatan tentang Mesias yang dipercaya orang Yahudi, yaitu Mesias itu adalah Anak Daud. Ingat kisah Bartimeus yang buta, berteriak, "...Yesus Anak Daud". Ia tidak bisa melihat, tetapi dengan imannya Bartimeus melihat Kristus yang lewat di dekatnya, sanggup menyembuhkan dirinya. Tuhan Yesus menyembuhkannya.

Lukas 20:41-44

Hubungan antara Yesus dan Daud
20:41 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Bagaimana orang dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah Anak Daud? 20:42 Sebab Daud sendiri berkata dalam kitab Mazmur: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, 20:43 sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu. 20:44 Jadi Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"

Maksud Tuhan Yesus menegaskan hal ini, adalah untuk menjelaskan, bahwa:
  1. Yang memberi keselamatan bukan Daud - Mesias itu adalah Allah yang menjadi manusia sebagai penyelamat manusia. Daud hanya menyelamatkan umatnya dari penjajahan Filistin dan bangsa lainnya, selama ia hidup.
  2. Mesias harus menerima penghormatan lebih besar daripada Daud - Banyak orang menjadikan Daud sentral penghormatan, bukan lagi Mesias. Ini yang mau diluruskan oleh Tuhan Yesus. Daud hanya membawa bangsa Israel, selama kurun waktu ia memerintah saja. Sementara Mesias itu selama-lamanya menjadi Pembela umat-Nya.
  3. Mesias memberi keselamatan secara sempurna - musuh tidak punya kuasa lagi. Daud menyelamatkan bangsanya dari Goliath dan bangsa Filistin, tetapi setelah itu bangsa Israel masih Dijajah lagi di periode berikut-berikutnya. Sementara Mesias yang menyelamatkan umat-Nya, keselamatan itu berlaku selama-lamanya.
Kuncinya:
- Percaya pada Kristus selama-lamanya adalah Mesias kita, untuk membebaskan kita dari dosa.

Amin

0 comments:

Posting Komentar