21 Desember 2023

21 Desember 2023



Menjadi orang Kristen yang bertanggung jawab

Menjadi Kristen itu hidupnya bertanggung jawab:
  1. Menjadi Terang Dunia - Orang banyak hidup dalam kegelapan, yaitu tidak tahu malu. Selingkuh terang-terangan. 
  2. Menjadi Garam Dunia - Orang banyak hidup dalam kedagingan yang busuk. Perbuatannya selalu berdosa. 
  3. Membawa Damai - Kita menjadi orang yang memberikan kedamaian. Dunia ini masa bodoh, dengan cara apapun pokoknya mendapat untung.
  4. Menegakkan Kerajaan Allah - Di manapun kita berada kita akan meluaskan Kerajaan Allah. Kita dukung pekerjaan Allah. Kita terlibat dalam pelayanan kepada Tuhan dengan apa yang kita miliki.  

Daniel 2:13-18

2:13 Ketika titah dikeluarkan supaya orang-orang bijaksana dibunuh, maka Daniel dan teman-temannyapun terancam akan dibunuh. 2:14 Lalu berkatalah Daniel dengan cerdik dan bijaksana kepada Ariokh, pemimpin pengawal raja yang telah pergi untuk membunuh orang-orang bijaksana di Babel itu, 2:15 katanya kepada Ariokh, pembesar raja itu: "Mengapa titah yang begitu keras ini dikeluarkan oleh raja?" Lalu Ariokh memberitahukan hal itu kepada Daniel. 2:16 Maka Daniel menghadap raja dan meminta kepadanya, supaya ia diberi waktu untuk memberitahukan makna itu kepada raja. 2:17 Kemudian pulanglah Daniel dan memberitahukan hal itu kepada Hananya, Misael dan Azarya, teman-temannya, 2:18 dengan maksud supaya mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu, supaya Daniel dan teman-temannya jangan dilenyapkan bersama-sama orang-orang bijaksana yang lain di Babel. 

Daniel merasa punya tanggung jawab terhadap teman-temannya orang bijaksana dalam istana raja. Daniel berusaha keras memohon kepada Allah untuk menyingkap mimpi dan maknanya. Allah mengabulkan.

Bagaimana orang bisa bertanggung jawab dalam hidupnya:

  1. Harus dekat dengan Tuhan selalu - Orang yang Egois tidak pernah memikirkan Tuhan, pikirannya hanya diri sendiri. Tanggung jawab kita adalah bagaimana kita memikirkan Tuhan dimuliakan melalui kehidupan kita.
  2. Memiliki cinta akan Tuhan yang sungguh-sungguh membara - Kristus mencintai Allah Bapa-Nya, sehingga Ia tetap maju melangkah menuju Golgota. Kristus mencintai kita semua sehingga Ia bertanggung jawab atas perbuatan kita. 
  3. Memiliki kerinduan untuk membalas cinta kasih Tuhan buat kita selama ini - Tuhan terlalu amat sangat baik selama ini, sekarang tugas kita untuk membalas cinta Tuhan dalam keseharian kita. Perbuatan kita harus sesuai dengan kehendak-Nya.
  4. Jangan Cepat Menyerah - kita orang percaya yang memiliki rasa tanggung jawab, jadi tidak boleh menyerah dengan alasan apapun. Sadarlah Tuhan Yesus ada di depan kita, mengarahkan jalan.
Amin

0 comments:

Posting Komentar