23 Desember 2023

23 Desember 2023



Kasih Karunia Allah yang menyempurnakan

2 Korintus 5:17

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 

Efesus 2:8

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah

  • Harta terbesar kita adalah Kasih Karunia Allah, karena hidup kita yang ada sekarang ini, semata-mata hanya Kasih Karunia Allah. 
  • Jangan pernah merasa kita sudah berbuat sesuatu buat Tuhan. Jangan pernah membanggakan diri dan perbuatan kita. Kalau kita bisa berbuat sesuatu, sesungguhnya itu karena Allah memampukan kita. Itu lah Kasih Karunia Allah.

Kasih Karunia Allah berdampak bagi kita agar:

  1. Kita bisa Beroleh Keselamatan - Jelas keselamatan kita adalah Kasih karunia Allah. Segala amal perbuatan kita adalah seperti kain kotor di Mata Allah. Di depan pintu Sorga tidak ada timbangan yang Menimbang amal dan dosa kita. Jika  dosa berat maka masuk neraka. Kita diselamatkan karena Kristus mati buat kita. Darah-Nya menghapus dosa. Darah binatang yang dibunuh, hanya menutupi dosa.
  2. Doa kita bisa dijawab Allah - Doa kita dijawab semata-mata karena kebaikan hati Allah. Bukan karena perbuatan baik kita. Bukan juga karena indahnya rangkaian kata-kata yang terucap. Bahkan Allah mengerti bahasa air mata, yaitu doa yang tidak terucap. Allah mau menjawab semua doa anak-anak-Nya yang datang kepada-Nya dengan murah hati dan tidak berantah-bantah. Kita sungguh mujur dan beruntung memiliki Pencipta yaitu Allah yang Maha Baik dan penuh Kasih pada kita. 
  3. Kita bisa beroleh Kemenangan demi kemenangan - Semua keberhasilan dan kemenangan kita semata-mata anugerah Allah, bukan karena perbuatan kita. Akan tetapi Allah juga mau kita berusaha keras dalam berdoa, baca firman dan berusaha mengerjakan tugas yang Tuhan berikan bagi kita di dunia ini. Ia meninggikan dan merendahkan siapapun yang dikehendaki-Nya. 
  4. Dijadikan sempurna seperti Allah - Kita akan semakin indah dan semakin sempurna jika kita dibasuh dalam darah dan Firman Allah. Allah mengenal keberadaan kita dari sebelum kita lahir, jadi jangan pernah merasa kita ini hebat. Allah sangat senang kepada orang yang rendah hati dan mau mengiring Tuhan dalam rangka belajar pada-Nya untuk menjadi serupa dengan Gambar dan Rupa-Nya yang sempurna.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8
Program ke 
"Kasih Karunia Allah"

Kejadian 43:24-34

24 Setelah orang itu membawa mereka ke dalam rumah Yusuf, diberikannyalah air, supaya mereka membasuh kaki; juga keledai mereka diberinya makan. 25 Sesudah itu mereka menyiapkan persembahannya menantikan Yusuf datang pada waktu tengah hari, sebab mereka telah mendengar, bahwa mereka akan makan di situ. 26 Ketika Yusuf telah pulang, mereka membawa persembahan yang ada pada mereka itu kepada Yusuf di dalam rumah, lalu sujud kepadanya sampai ke tanah. 27 Sesudah itu ia bertanya kepada mereka apakah mereka selamat; lagi katanya: "Apakah ayahmu yang tua yang kamu sebutkan itu selamat? Masih hidupkah ia?" 28 Jawab mereka: "Hambamu, ayah kami, ada selamat; ia masih hidup." Sesudah itu berlututlah mereka dan sujud. 29 Ketika Yusuf memandang kepada mereka, dilihatnyalah Benyamin, adiknya, yang seibu dengan dia, lalu katanya: "Inikah adikmu yang bungsu itu, yang telah kamu sebut-sebut kepadaku?" Lagi katanya: "Allah kiranya memberikan kasih karunia kepadamu, anakku!" 30 Lalu segeralah Yusuf pergi dari situ, sebab hatinya sangat terharu merindukan adiknya itu, dan dicarinyalah tempat untuk menangis; ia masuk ke dalam kamar, lalu menangis di situ. 31 Sesudah itu dibasuhnyalah mukanya dan ia tampil ke luar. Ia menahan hatinya dan berkata: "Hidangkanlah makanan." 32 Lalu dihidangkanlah makanan, bagi Yusuf tersendiri, bagi saudara-saudaranya tersendiri dan bagi orang-orang Mesir yang bersama-sama makan dengan mereka itu tersendiri; sebab orang Mesir tidak boleh makan bersama-sama dengan orang Ibrani, karena hal itu suatu kekejian bagi orang Mesir. 43:33 Saudara-saudaranya itu duduk di depan Yusuf, dari yang sulung sampai yang bungsu, sehingga mereka berpandang-pandangan dengan heran. 43:34 Lalu disajikan kepada mereka hidangan dari meja Yusuf, tetapi yang diterima Benyamin adalah lima kali lebih banyak dari pada setiap orang yang lain. Lalu minumlah mereka dan bersukaria bersama-sama dengan dia.

Bagaimana kita bisa memperoleh kasih karunia Allah: 

  1. Membuka Hati - Keselamatan Allah adalah karunia Allah, sedangkan kita tidak bisa berbuat apa-apa untuk bisa memperoleh Kasih Karunia Allah. Yesus Kristus mati di Kayu salib, adalah dalam rangka memberikan hak bagi manusia untuk bisa menerima Kasih Karunia Allah yang menyucikan dan memberikan kehidupan yang baru bagi kita. Akan tetapi bagian kita adalah "Membuka hati" bagi panggilan Allah itu. 
  2. Memberikan respons positif terhadap panggilan Allah - Setelah Allah memilih kita, kita membuka hati kita, maka berikanlah respons positif. Ingat Ia yang memanggil dan memilih kita, bukan kita. Adalah suatu kehormatan bagi kita jika kita dipilih Allah. 
  3. Hidup dekat dengan Allah - Kita tidak boleh jauh dari Allah. Mendekatlah kepada Allah, maka Kasih Karunia Allah akan melingkupi kita senantiasa. 
  4. Memandang Anugerah Allah dengan sempurna - Jika kita jatuh, jangan terpuruk, bangkitlah dan terus menerus berjuang bagi menuju kesempurnaan. Allah akan menyertai kita de ngan segala Kasih Karunia-Nya yang ajaib. 

Amin.

0 comments:

Posting Komentar