10 Desember 2023

10 Desember 2023


Matius 1:18-25 (TB)

18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. 19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. 20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. 21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." 22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: 23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" — yang berarti: Allah menyertai kita. 24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, 25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.  

Ada kebingungan di hati Yusuf, tetapi dia melakukan apa yang diperintahkan Malaikat (just do it). 
Commitment, Victory, Determination, Perseverance, Grit.

Yusuf tidak tahu masa depannya, tetapi ia tetap kerjakan saja. 

1. Tuhan punya rencana di balik semuanya.
Sewaktu kita mengalami masalah yang berat, usahakan jangan melihat masalah itu, tetapi pandanglah Allah yang Maha Dahsyat. Allah itu memiliki rencana bagi kita masing-masing. Segalanya bekerjasama untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang percaya. 

2. Yusuf tulus hati berpegang pada Firman Tuhan.
Melewat masa pergumulan dengan Tuhan musti percaya penuh pada Tuhan:
- Allah punya rencana
- Allah yg berjanji
Matius 1:23-25
1:23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita. 1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, 1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

Yusuf tidak tahu siapa ayah bayi Maria, tetapi karena ia menurut pada Tuhan, maka ia sesungguhnya akan mendapat banyak kerepotan setelah itu. 

Kesediaan datang dengan banyak pengorbanan dan kerja keras. 

3. Karena Allah itu setia
Yusuf kenal Allah itu setia, makanya ia tidak ragu waktu dengar firman Tuhan. Ia yakin Allah itu setia padanya.
Kita seringkali ragu kalau diperintahkan Allah melakukan sesuatu. Mengapa? Karena kita kurang mengenal Allah kita. 

Amin

0 comments:

Posting Komentar