19 Desember 2023

19 Desember 2023



Joy to the world

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke-374

Lukas 2:10
Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:

Joy = Sukacita = Kondisi hati yang senang karena sesuatu yang baik. Kita semua bersukacita, karena Tuhan mengingatkan bahwa 2.000 tahun yang lalu, ketika firman Tuhan belum menjadi Manusia, Dunia ini gelap sekali, penuh dosa. Akan tetapi firman itu yaitu Kristus Yesus sudah menjadi Manusia, agar manusia tidak lagi berjalan dalam kegelapan.
Di hari Natal ini jangan kita bersukacita karena terima bonus akhir tahun, atau bisa pakai baju baru, bukan itu esensi Joy di Natal ini. Kita harus bersukacita karena Kristus sudah menebus dosa kita. Kita masih berada di dalam gelap jika tidak.

Yesaya 9:2

9 Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.

Kita merayakan kelahiran Tuhan Yesus. Bahasa Portugis yaitu "Natal".

Mengapa kita harus merayakan:

1. Allah memberikan Kristus 

Lukas 2:7

dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.

  • Tuhan Yesus Kristus tidak memilih tempat yang bagus seperti di Istana, Bait Allah, atau Rumah Sakit yang mewah. Andaikan seperti itu, maka zaman sekarang perayaan Natal di desa-desa terpencil, tidak akan bisa dilakukan, karena harus di tempat yang megah dan mewah. 
  • Tuhan Yesus datang ke dunia, hadir untuk orang kecil, untuk orang berdosa, untuk orang sakit, orang yang terbelenggu, Ia adalah Tuhan semua orang.
  • Tuhan Yesus diberikan bagi kita, apakah sukacita kita menyediakan tempat bagi kita? Jangan merasa kita tidak layak baginya. Ia lahir di dunia yang gelap dan penuh dosa, untuk menyelamatkan ciptaan-Nya.

2. Menggenapi Janji Allah

Kejadian 3:15

Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya 

  • Kita harus bersukacita, janji Allah bahwa keturunan Hawa suatu hari kelak akan meremukkan kepala ular. Kristus sudah mati di Kayu salib dan mencurahkan darah-Nya bagi penebusan kita. Kita bisa hidup berkemenangan.

3. Allah mau Manusia mempunyai hidup

Yohanes 1:4-5

1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. 1:5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

  • Semua uang dan harta benda yang kita miliki di dunia ini akan kita tinggalkan dan tidak bisa menyelamatkan kita. 
  • Hidup kita bukan karena materi, tetapi karena anugerah Allah.
  • Mengapa kita bersukacita, bukan karena harta benda, tetapi karena kita diberi kehidupan yang sejati, yaitu hidup di dalam Kristus.
  • Kita Juga dijadikan-Nya menjadi Terang dunia ini. Menjadi kan kita kepanjangan tangan-Nya untuk menjangkau jiwa yang terhilang di dalam kegelapan.

Amin

0 comments:

Posting Komentar