07 Desember 2023

07 Desember 2023



Hiduplah dalam Roh 


Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke-368

Kejadian 21:9-12
21:9 Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri. 21:10 Berkatalah Sara kepada Abraham: "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak." 21:11 Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu. 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

Sara tidak sabar dan tidak percaya akan janji Tuhan tentang keturunan. Abraham pun tidak menolak waktu Sara menyuruh ambil Hagar sebagai saluran Kelahiran keturunannya. Akibatnya hingga kini keturunan Ismael membawa masalah.

Galatia 4:29-31

4:29 Tetapi seperti dahulu, dia, yang diperanakkan menurut daging, menganiaya yang diperanakkan menurut Roh, demikian juga sekarang ini. 4:30 Tetapi apa kata nas Kitab Suci? "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba perempuan itu tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anak perempuan merdeka itu." 4:31 Karena itu, saudara-saudara, kita bukanlah anak-anak hamba perempuan, melainkan anak-anak perempuan merdeka.

Buanglah segala kedagingan di dalam kehidupan kita, sama seperti Abraham harus mengusir Hagar dan Ismael.
Jika mau hidup dalam Roh, tidak bisa hidup dalam kedagingan. 
Anak muda jangan memilih pasangan yang salah. Gelap dan terang tidak bisa bersatu. Jangan biarkan diri kita bersatu dengan kuasa kegelapan.
Daging dalam Yunani yaitu σάρξ = "sarx". 

Orang yang hidup di muka bumi ini harus bisa mengendalikan dirinya untuk tidak dikuasai oleh kedagingannya. Mengapa?

Galatia 5:16-26

Hidup menurut daging atau Roh

5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 5:17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. 5:18 Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. 5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, 5:20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, 5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. 5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. 5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh, 5:26 dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki

Perbuatan daging = hidup di bawah hukum Taurat = dihakimi menurut Hukum Taurat
Perbuatan Roh = hidup di bawah hukum Kasih Karunia = dibela oleh Tuhan Yesus



0 comments:

Posting Komentar